PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA TEMA PERMAINAN TRADISIONAL DI KELAS III MIN 4 LUWU

ARJUNA, JUMRAH (2022) PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA TEMA PERMAINAN TRADISIONAL DI KELAS III MIN 4 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of JUMRAH ARJUNAH.pdf] Text
JUMRAH ARJUNAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Jumrah Arjuna, 2022. “Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Kooperatif Tipe Team Game Tournament pada Tema Permainan
Tradisional di Kelas III MIN 4 Luwu”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (1)
Syamsu Sanusi dan pembimbing (II) Nilam Permatasari Munir

Skripsi ini membahas penelitian pengembangan mengenai rencana pelaksanaan
pembelajaran kooperatif tipe team games tournament pada tema permainan tradisional
Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui analisis kebutuhan rencana
pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan di kelas III MIN 4 Luwu (2) mengetahui hasil
pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe team games
tournament pada tema permainan tradisional (3) mengetahui hasil kevalidan
pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe team games
tournament pada tema permainan tradisional (4) mengetahui hasil keterlaksanaan
pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TGT pada tema
permainan tradisional. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan
Research and Development (R & D). Pada penelitian ini menggunakan model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu tahap analisis, tahap
perancangan, tahap pengembangan, tahap penerapan dan tahap evaluasi. RPP yang telah
diselesikan kemudian divalidasi oleh 3 validator ahli diantaranya: validator desain,
xx
validator bahasa dan validator materi. Hasil validasi RPP mendapatkan penilaian dengan
kisaran nilai 0,78-1,00 rata-rata yang berarti masuk dalam kategori valid dan sangat valid.
Hasil keterlaksanaan RPP sebesar 0,90 yang berarti masuk dalam kategori sangat praktis.
Kata kunci: RPP, Koopratif Tipe TGT, Permainan Tradisional.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 21 Feb 2023 06:30
Last Modified: 21 Feb 2023 06:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5429

Actions (login required)

View Item View Item