PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA TEMA SEHAT ITU PENTING TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QU’RAN DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI(MIN) 4 TANA TORAJA PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2022

MANGGAUK, NURHAYATI (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PADA TEMA SEHAT ITU PENTING TERINTEGRASI AYAT-AYAT AL-QU’RAN DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI(MIN) 4 TANA TORAJA PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2022. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURHAYATI MANGGAUK.pdf] Text
NURHAYATI MANGGAUK.pdf

Download (7MB)

Abstract

Nurhayati Manggauk, 2022. “Pengembangan Modul Pembelajarn pada Tema
Sehat itu Penting Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Quran Di Kela V
Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Tana Toraja”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Nurdin Kaso dan Firman.
Penggunaan modul sebagai bahan ajar disekolah merupakan hal yang tidak asing
lagi bagi pendidik. Namun terkadang pula penggunaan modul tidak bisa dilakukan
karena tidak tersedianya modul. Ataupun jika ada kadang tampilan dan isi modul
tidak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui analisis kebutuhan modul, merancang prototipe modul, mengevaluasi
modul pada tema sehat itu penting terintegrasi ayat-ayat al-Qur’an pada kelas V
MIN 4 Tana toraja. Penelitian ini menggunakan metode 4D yang dilakukan MIN
4 Tana. Jenis penelitian ini adalah R&D yang berfokus pada pengembangan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MIN 4 tana toraja dan objeknya adalah
modul tema sehat itu penting (subtema peredaran darahku sehat). Data dalam
penelitian dikumpulkan melalui angket dan wawancara. Dari hasil analisis
kebutuhan bahwa pendidik MIN 4 Tana Toraja belum menggunakan bahan ajar
berupa modul saat proses pembelajaran oleh karenanya penulis mengembangkan
dan menghasilkan modul tema sehat itu penting terintegrasi ayat-ayat al-Qur’an
sebagai alat bantu dalam belajar. Modul yang telah dibuat selanjutnya divalidasi
oleh 3 ahli validator diantaranya ahli materi/desain, validator bahasa, dan
validator agama. Hasil validasi kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan
produk yang telah ditotalkan dan bernilai sangat valid dengan presentase 89%
hasil dibuktikan dengan nilai dari ahli materi/desain 87% nilai dari ahli agama,
dan nilai dari ahli bahasa 72%.
Kata kunci : Pengembangan Modul, Integrasi ayat-ayat Al-Quran

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 21 Feb 2023 06:43
Last Modified: 21 Feb 2023 06:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5431

Actions (login required)

View Item View Item