URGENSI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKIDAH PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 36 LATUPPA

SHETYA, RISAL (2017) URGENSI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AKIDAH PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 36 LATUPPA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of RISAL SHETYA.pdf] Text
RISAL SHETYA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nama : Risal Shetya
NIM : 12.16.01.050
Judul : Urgensi Media Pembelajaran dalam Menanamkan Nilai-Nilai
Akidah pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD
Negeri 36 Latuppa
Pembimbing : 1. Dr. Syamsu Sanusi, M.Pd.I
2. Dr. Muh. Tahmid Nur, M.Ag
Tesis ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk
mendeskripsikan media pembelajaran sebagai sarana penanaman nilai-nilai
akidah pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 36 Latuppa, mendeskripsikan bagaimana guru PAI memaksimalkan penggunaan media
sebagai sarana penanaman nilai-nilai akidah pada pembelajaran PAI di SDN 36
Latuppa; mengidentifikasi kendala dan solusi guru PAI dalam memaksimalkan
penggunaan media sebagai sarana penanaman nilai-nilai akidah pada
pembelajaran PAI di SDN 36 Latuppa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan
pedagogis, yuridis, dan sosiologis. Sumber data yakni: data primer diambil dari
SD Negeri 36 Latuppa melalui wawancara dengan pihak yang menjadi informan
yaitu pejabat satuan pendidikan dan pendidik. Sedangkan data sekunder berupa
profil satuan pendidikan, dokumen kurikulum, petunjuk teknis penerimaan
peserta didik, serta perangkat pembelajaran setiap muatan pembelajaran, dan
lain-lain. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan
melakukan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dan analisis menyimpulkan bahwa:1) Media yang
menjadi sarana penanaman nilai-nilai akidah pada pembelajaran PAI di SD
Negeri 36 Latuppa secara garis besar terbagi atas dua: pertama media visual
yaitu buku-buku baik al-Qur’an, atau buku cetak muatan pembelajaran PAI dan
poster peraga dan kedua media audio visual yaitu penayangan film, atau
presentase dengan menggunakan LCD dan Laptop. 2) Upaya guru PAI dalam
memaksimalkan penggunaan media sebagai sarana menanamkan nilai-nilai
akidah pada pembelajaran PAI di SD Negeri 36 Latuppa yaitu menganalisa
kebutuhan belajar peserta didik, mengembangkan atau membuat media
pembelajaran, try out atau uji coba media pembelajaran, evaluasi efektifitas
media, dan revisi atau perbaikan media. 3) Kendala dalam memaksimalkan
penggunaan media sebagai sarana menanamkan nilai-nilai akidah pada
pembelajaran PAI di SD Negeri 36 Latuppa adalah kendala teknis, kendala
filosofis, dan kendala sosial. Implikasi penelitian: 1) Kepada pihak pemangku kebijakan pendidikan;
hendaknya sarana dan prasarana yang ada untuk segera diperbaiki atau ditambah
2) Untuk mengembangkan kemampuan berfikir peserta didik, maka dibutuhkan
dedikasi yang tinggi oleh pendidik yang ada di SDN 36 Latuppa. 3) Bagi orang
xvi
tua, hendaknya memperhatikan putra-putri mereka serta, selalu mendampingi
dalam belajar karena waktu belajar PAI di SDN 36 Latuppa sangat terbatas.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:52
Last Modified: 22 Feb 2023 06:52
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5467

Actions (login required)

View Item View Item