PENGARUH TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA PRODI BKI IAIN PALOPO)

BESTARI, DINDA (2022) PENGARUH TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE MAHASISWA (STUDI PADA MAHASISWA PRODI BKI IAIN PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of DINDA BESTARI.pdf] Text
DINDA BESTARI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Dinda Bestari, 2022. “Pengaruh Teknik Assertive Training dalam Meningkatkan
Self Confidence Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Prodi BKI IAIN
Palopo)”. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas
Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing Oleh Syahruddin dan Wahyuni Husain.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Teknik Assertive Training dalam
Meningkatkan Self Confidence Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Prodi BKI
IAIN Palopo. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui gambaran dari self
confidence mahasiswa prodi BKI angkatan 2019 IAIN Palopo; 2) untuk
mengetahui proses penerapan teknik assertive training dalam meningkatkan self
confidence mahasiswa Prodi BKI angkatan 2019 IAIN Palopo; 3) untuk
mengetahui teknik assertive training berpengaruh atau tidak dalam meningkatkan
self confidence mahasiswa prodi BKI angkatan 2019 IAIN Palopo. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian pre-experiment dengan
desain penelitian one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini
mahasiswa prodi BKI angkatan 2019 IAIN Palopo yang berjumlah 75 mahasiswa.
Adapun sampel dalam penelitian sebanyak 13 mahasiswa yang dipilih secara
purposive sampling. Data diperoleh melalui observasi dan kuesioner (angket).
Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, dan
uji-t menggunakan Paired Sample t Test. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: 1) gambaran self confidence mahasiswa sebagian besar berada pada
kategori tinggi dengan persentase 43%, kategori sedang dengan persentase 40%,
dan kategori rendah dengan persentase 17%; 2) proses penerapan teknik assertive
training untuk meningkatkan self confidence mahasiswa dilaksanakan sesuai
dengan prosedur yang telah disusun dengan 3 kali pertemuan. 3) hasil penelitian
menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara teknik assertive training
dalam meningkatkan self confidence mahasiswa. Hal ini berdasarkan dari hasil
uji-t menggunakan Paired Sample t Test yang menghasilkan nilai thitung 30.240
mean 22.231, kemudian thitung dibandingkan dengan ttabel dengan ketentuan thitung >
ttabel (30.240 > 2.179), dengan demikian tingkat self confidence mahasiswa
mengalami perubahan setelah diberikan perlakuan berupa teknik assertive
training dan sig. 0.000 < 0.05. Berdasarkan hal tersebut, maka Ha diterima yang
artinya teknik assertive training berpengaruh dalam meningkatkan self confidence
mahasiswa.
Kata Kunci: Teknik Assertive Training, Self Confidence, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:14
Last Modified: 23 Feb 2023 02:14
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5481

Actions (login required)

View Item View Item