MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VII.2 SMP NEGERI 5 PALOPO

RUSDI, RUSDI (2021) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VII.2 SMP NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of RUSDI.pdf] Text
RUSDI.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Rusdi, 2020. ” Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan
Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here Pada Siswa Kelas VII.2
SMP Negeri 5 Palopo”. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Pembimbing (I) Dr. Taqwa, S.Ag.,M.Pd.I. Pembimbing
(II) Alia Lestari,S.Si.,M.Si. penguji (I) Dr.Baderiah,M.Ag, penguji (II)
Sumardin Raupu,S.Pd.,M.Pd.
Penelitian ini membahas tentang rendahnya hasil belajar matematika siswa
kelas VII.2 SMP Negeri 5 Palopo dalam menyelesaikan soal-soal pada
materi aljabar berdasarkan survey yang dilakukan di SMP Negeri 5
palopo. Hal ini disebabkan karena siswa kurang memahami setiap materi
dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan informasi yang diperoleh
nilai ulangan harian siswa kelas VII.2 tertinggal jauh dibanding kelas lain
dengan rata-rata nilai ulangan harian siswa sebesar 65,43 dengan hanya
29,95% peserta didik yang mencapai standar ketuntasan minimal 75.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada
materi aljabar dengan menerapkan model pembelajaran Everyone is a
Teacher here. Namun sebelum melakukan tindakan, penulis memberikan
preetest untuk mengukur kemampuan awal siswa dalam menyelesaikan
materi aljabar. Dan diperoleh 80% atau sebanyak 24 siswa belum tuntas
materi aljabar dan 20% atau hanya 6 siswa saja yang sudah mampu
menyelesaikan materi aljabar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua
siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII.2 SMP Negeri 5
Palopo yang berjumlah 30 siswa. Dalam penelitian ini penulis
menggunakan metode pengumpulan data yaitu berupa tes, observasi, dan
dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kuantitatif
dan kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I aktivitas siswa
secara klasikal adalah 55,43%. Pada siklus II mencapai 86,27%. Hasil
belajar siswa dalam menyelesaikan materi aljabar mengalami peningkatan
sebesar 53,33% pada siklus I dan pada siklus II mencapai 100%. Jika
dibandingkan dengan indikator penelitian tes hasil menyelesaikan materi
aljabar setiap siklus yaitu lembar observasi aktivitas guru, dan lembar
observasi aktivitas siswa maka penelitian ini dianggap berhasil. Dalam hal
ini hasil belajar siswa dalam menyelesaikan materi aljabar mengalami
peningkatan melalui penereapan model pembelajaran Everyone is a
Teacher Here. Pada siswa kelas VII.2 SMP Negeri 5 Palopo.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here, Hasil Belajar
Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:16
Last Modified: 23 Feb 2023 06:16
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5487

Actions (login required)

View Item View Item