EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH AS’ADIYAH PENGKENDEKAN KECAMATAN SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA

ANNAS, SARTI (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MENUMBUHKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH TSANAWIYAH AS’ADIYAH PENGKENDEKAN KECAMATAN SABBANG KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SARTI ANNAS.pdf] Text
SARTI ANNAS.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Sarti Annas, 2021. “Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak dalam
Menumbuhkan Religiusitas Peserta didik di Madrasah Tsanawiyah
Pengkendekan Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Nurdin K, dan Hasriadi.
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Pembelajaran Akidah Akhlak dalam
Menumbuhkan Religiusitas Peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Pengkendekan
Kecamatan Sabbang Kabupaten Luwu Utara. Permasalahan pokok dalam
penelitian ini yakni; 1) Bagaimana penerapan pembelajaran akidah akhlak dalam
menumbuhkan religiusitas peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Pengkendekan.
2) Bagaimana efektivitas pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam
menumbuhkan religiusitas peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Pengkendekan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan dalam
penelitian ini yaitu guru akidah akhlak dan peserta didik kelas VIII (delapan).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Pembelajaran akidah akhlak
diterapkan oleh guru mata pelajaran akidah akhlak dengan menggunakan beberapa
cara/metode diantaranya metode ceramah, metode Tanya jawab, metode
pembiasaan, dan metode keteladan serta alat pendukung lainnya seperti laptop,
papan tulis, spidol, pulpen, buku akidah akhlak agar memudahkan guru
melakukan proses belajar mengajar di kelas. 2) Efektivitas penerapan
pembelajaran akidah akhlak dalam menumbuhkan religiusitas peserta didik dapat
dikatakan efektif terlihat dari pencapaian indikator pembelajaran dan pemahaman
peserta didik terhadap nilai-nilai keagamaan yang baik terlihat dari tindakannya
dalam kehidupan sehari-hari yaitu adanya keimanan yang utuh dalam hal ini
menjaga kebersihan, pelaksanaan ibadah yang tekun tercermin dalam salat
berjamaah di masjid, ramah dan hormat kepada para gurunya, saling menghargai
sesama temannya, dan bertutur kata yang sopan.
Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Akidah Akhlak, Religiusitas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 23 Feb 2023 07:01
Last Modified: 23 Feb 2023 07:01
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5489

Actions (login required)

View Item View Item