PEMBERIAN BENTUK REWARD STICKER PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENULIS ABJAD PADA ANAK 5-6 TAHUN DI TK. AL HIKMAH DESA PEMBUNIANG LUWU UTARA

HIRDAYANTI, HIRDAYANTI (2022) PEMBERIAN BENTUK REWARD STICKER PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENULIS ABJAD PADA ANAK 5-6 TAHUN DI TK. AL HIKMAH DESA PEMBUNIANG LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HIRDAYANTI.pdf] Text
HIRDAYANTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hirdayanti, 2022, Pemberian Bentuk Penghargaan Sticker picture Untuk
Meningkatkan Motivasi Menulis Abjad Pada Anak Usia 5-6
Tahun di TK Al-Hikmah Desa Pembuniang Kecamatan Malangke
Barat, Kabupaten Luwu Utara, Skripsi, Program Studi Pendidikan
Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. di bimbing
oleh.Munir Yuzuf dan Mirnawati
Berdasarkan pengamatan awal, telah terjadi permasalahan awal
perkembangan menulis abjad anak, Pada Kelompok B TK Al-Hikmah Desa
Pembuniang kemampuan menulis abjad anak belum berkembang secara optimal,
terlihat beberapa anak masih nampak dibimbing sama gurunya baik dalam
kegiatan memegang pensil, anak masih dipegang tangannya saat melakukan
kegiatan tersebut. Sehingga pembelajaran tersebut yang selama ini dilaksanakan
di TK Al-Hikmah Desa Pembuniang upaya peningkatan atau strategi yang mampu
meningkatkan kemampuan menulis abjad anak menarik minat anak dalam belajar
mandiri agar pembelajaran lebih menyenangkan, perkembangan menulis abjad
anak dapat ditingkatkan dengan penggunaan metode dan media yang lebih kreatif
seperti penggunaan bentuk penghargaan dengan media penggunaan bentuk
reward sticker picture yang dapat meningkatkan motivasi belajar anak dan
membuat suasana pembelajaran sangat menarik perhatian anak dan terkesan tidak
membosankan. Penelitian ini bertujuan umtuk mengetahui peningkatan
kemampuan menulis abjad anak dengan menggunakan bentuk penghargaan pada
kelompok B di TK Al-Hikmah Desa Pembuniang Desa Pembuniang.
Jenis Penilitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Lokasi
penelitian ini yaitu TK Al-Hikmah Desa Pembuniang yang dilakukan pada bulan
oktober sampai november semester ganjil tahun ajaran 2021-2022, Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu, Lembar Observasi atau daftar ceklist, dan
dokumentasi. Subyek dari penelitian ini anak didik kelompok B TK Al-Hikmah
Desa Pembuniang yang berjumlah 13 anak didik. Teknik pengumpulan data dari
penelitian ini yaitu observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpul kemudian
dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif.
Kata Kunci: Pemberian Reward, Kemampuan Menulis Abjad

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 23 Feb 2023 07:21
Last Modified: 23 Feb 2023 07:21
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5491

Actions (login required)

View Item View Item