HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI GURU DAN SISWA DENGAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN HADIS DI SDIT INSAN RABBANI MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR

RIDHAYANTI, NURUL (2020) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI GURU DAN SISWA DENGAN MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN HADIS DI SDIT INSAN RABBANI MALILI KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURUL RIDHAYANTI.pdf] Text
NURUL RIDHAYANTI.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Ridhayanti, 2020. “Hubungan antara Interaksi Guru dan Siswa dengan
Minat Belajar pada Mata Pelajaran Hadis di SDIT Insan
Rabbani Malili Kabupaten Luwu Timur”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Muhaemin dan Nursaeni.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan interaksi antara guru
dan siswa dengan minat belajar di SDIT Insan Rabbani Malili, dengan sub masalah
1) Bagaimanakah interaksi guru dengan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di
SDIT Insan Rabbani Malili, 2) Bagaimana minat belajar Hadis siswa di SDIT Insan
Rabbani Malili, 3) Apakah ada hubungan antara interaksi guru dan siswa dengan
minat belajar pada mata pelajaran Hadis di SDIT Insan Rabbani Malili.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Jumlah populasi
sebanyak 189 siswa yang terdiri dari tiga tingkatan kelas yakni kelas IV, V dan VI
dengan pengambilan sampel diambil dengan teknik simple random sampling
dengan jumlah sampel 65 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah angket, sedangkan teknik analisis statistik yang digunakan adalah dengan
menggunakan program SPSS ver. 20 for windows.
Dari hasil penelitian terlihat bahwa 1) Interaksi antara guru dan siswa di
SDIT Insan Rabbani Malili adalah baik dengan frekuensi 36 orang dan hasil
presentase 55%. Adapun skor rata-rata adalah 71,45 dan varians 16,126 dengan
standar deviasi sebesar 4,016 dari skor ideal 80, sedangkan rentang skor yang
dicapai sebesar 16 skor, skor terendah 64 dan skor tertinggi 80, 2) Minat belajar
siswa di SDIT Insan Rabbani Malili termasuk dalam kategori tinggi dengan
frekuensi rata-rata adalah 71,65 dan varians sebesar 13,482 dengan standar deviasi
3,672 dari skor ideal 80 sedangkan rentang skor yang dicapai sebesar 16, skor
terendah 64 dan skor tertinggi 80, 3) Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan
bahwa interaksi gurudan siswa memiliki hubungan yang sangat kuat dengan minat
belajar pada mata pelajaran Hadis di SDIT Insan Rabbani Malili Kabupaten Luwu
Timur dengan tingkat signifikan sebesar 0,00 dan tingkat koefisien korelasi sebesar
0,962. Hal ini menunjukkan bahwa antara interaksi guru dan siswa dengan minat
belajar pada mata pelajaran Hadis di SDIT Insan Rabbani Malili memiliki
hubungan yang sangat kuat dan positif.
Kata Kunci: Interaksi, Minat Belajar, Hadis, SDIT Insan Rabbani Malili

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 24 Feb 2023 01:18
Last Modified: 24 Feb 2023 01:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5496

Actions (login required)

View Item View Item