PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI MIA PADA MASA PANDEMI DI MAN KOTA PALOPO

FALAH, NURUL (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI MIA PADA MASA PANDEMI DI MAN KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURUL FALAH.pdf] Text
NURUL FALAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Falah, 2021. “Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Minat Belajar
Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Fikih Kelas XI MIA Pada Masa
Pandemi di MAN Kota Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Munir Yusuf dan Rosdiana.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap
Minat Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran Fikih Kelas XI MIA Pada
Masa Pandemi di MAN Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk
mengetahui bagaimana pembelajaran online dalam mata pelajaran fikih kelas XI
MIA pada masa pandemi di MAN Kota Palopo, 2. Untuk mengetahui bagaimana
minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran fikih kelas XI MIA pada masa
pandemi di MAN Kota Palopo, 3. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh
pembelajaran online terhadap minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran
fikih kelas XI MIA pada masa pandemi di MAN Kota Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian
kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian ex-post facto yang bersifat kausal.
Jumlah populasi adalah 101 peserta didik dengan pengambilan sampel
menggunakan teknik probability sampling, teknik ini meliputi simple random
sampling yang ditetapkan sebanyak 50 peserta didik. Instrumen penelitian ini
menggunakan angket yang telah divalidasi oleh tim pakar, sedangkan teknik
analisis statistik yang digunakan untuk mengolah data hasil, yakni analisis
statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan program SPSS
ver. 20 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Skor rata-rata pembelajaran
online adalah 73,36. 2) Skor rata-rata minat belajar yang menunjukkan skor rata�rata adalah 79,30. 3) Pembelajaran Online memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap Minat Belajar Fikih Peserta didik di MAN Kota Palopo, dibuktikan
dengan nilai thitung> ttabel (9,109>1,677) dengan persentase R Square sebesar 0,633
sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci : Pembelajaran Online, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:27
Last Modified: 24 Feb 2023 02:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5502

Actions (login required)

View Item View Item