PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKONA KAB. LUWU TIMUR

HAMKA, HAMKA (2017) PENGARUH KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 ANGKONA KAB. LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HAMKA.pdf] Text
HAMKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hamka, 2017 Pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal terhadap
Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1
Angkona Kab. Luwu Timur. Skripsi mahasiswa program studi
pendidikan matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, pembimbing (I) Sukirman Nurdjan S.S., M.Pd. (II) Muh. Hajarul
Aswad A., S.Pd., M.Si.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Interpersonal, Prestasi Belajar
Matematika
Skripsi ini membahas tentang bagaimana pengaruh kemampuan
komunikasi interpersonal terhdap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA
Negeri 1 Angkona. Tujuannya mengkaji bagaimana penerapan pengaruh
kemampuan komunikasi interpersonal dapat meningkatkan prestasi belajar
matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkona.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian Ex-postfacto. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA
Negeri 1 Angkona tahun ajaran 2013/2014 sebanyak 180 orang siswa yang
tersebar ke dalam 6 kelas. Jumlah sampel yang digunakan sebesar 36 orang, yakni
25% dari total populasi. Bentuk instrumen berupa angket yang digunakan untuk
memperoleh informasi komunikasi interpersonal. Penelitian menggunakan
analisis deskriptif dan analisis inferensial. Penelitian ini menyimpulkan adanya prestasi belajar matematika melalui
penerapan kemampuan komunikasi interpersonal yang dapat dilihat berdasarkan
hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal
memperoleh nilai rata-rata 68, dan standar deviasi 8,5. Sedangkan skor nilai
tertinggi 85 dan skor nilai terendah 51. Untuk prestasi belajar matematika
memperoleh nilai rata-rata 77,64 dan standar deviasi 6,728. Sedangkan nilai
tertinggi 92 dan nilai terendah 64. Hasil yang dicapai tersebut sudah memenuhi
target yang telah ditetapkan. Peningkatan nilai rata-rata ini membuktikan
keberhasilan kemampuan memecahkan masalah matematika. Hasil analisis
inferensial diperoleh Zhitung > Ztabel (7,802 > 2,042). Oleh karena Zhitung lebih besar
daripada Ztabel maka disimpulkan H0 ditolak. Artinya hipotesis diterima yakni
terdapat pengaruh kemampuan komunikasi interpersonal terhadap prestasi belajar
matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkona.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:37
Last Modified: 24 Feb 2023 07:37
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5507

Actions (login required)

View Item View Item