PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA UNTUK SISWAKELAS XI MAN LUWU

NURHIKMAH, NURHIKMAH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID PADA MATERI LOGIKA MATEMATIKA UNTUK SISWAKELAS XI MAN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURHIKMAH.pdf] Text
NURHIKMAH.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhikmah, 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis
Android Pada Materi Logika Matematika Untuk Siswa Kelas XI MAN
Luwu. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Nasaruddin dan Muhammad Ihsan.
Skripsi ini membahas tentang Pengembangan media pembelajaran game
edukasi berbasis android pada materi logika matematika pada materi logika
matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran prototype
pengembangan smedia pembelajaran game edukasi berbasis android pada materi
logika matematika serta mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran
game edukasi berbasis android pada materi logika memenuhi kriteria valid.
Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Untuk
menghasilkan produk media pembelajaran game edukasi berbasis android, peneliti
menggunakan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap pengembangan yaitu:
(1) tahap analisis (analyze), (2) tahap perencanaan desain (design), (3) tahap
pengembangan (development), (4) tahap implementasi (implementation), tahap
evaluasi (evaluation).
Penilaian kelayakan kevalidan produk yang dikembangkan, peneliti
menyebar lembar validasi kepada tiga validator yang kompeten yang terdiri dari
dua dosen IAIN Palopo dan satu guru mata pelajaran di MAN Luwu. Sedangkan
untuk praktikalitas peneliti meyebar angket praktikalitas kepada pendidik dan
peserta didik. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran game edukasi
berbasis android menghasilkan prototype I (desain pertama) dan prototype II
(desain produk yang dihasilkan setelah revisi serta memenuhi kriteria sangat
valid, dilihat dari hasil penilaian validator ahli materi (95%) dengan kategori
sangat valid, media dan desain (85%) dengan kategori sangat valid. Hasil rata�rata dari ketiga validator sebesar (90%) dengan kategori sangat valid. Hasil
penilaian praktikalitas dari peserta didik (83%) dengan kategori sangat praktis,
sedangkan praktikalitas dari pendidik (91%) dengan kategori sangat praktis.
Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas yang diperoleh pada
pengembangan game edukasi berbasis android dapat digunakan sebagai media
pembelajaran karena telah memperoleh kategori sangat valid dan sangat praktis.
Kata kunci: Media, Game Edukasi, Android, Logika matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 24 Feb 2023 07:45
Last Modified: 24 Feb 2023 07:45
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5508

Actions (login required)

View Item View Item