MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI SMA PONDOK PESANTREN MODEREN DATOK SULAIMAN PUTRI PALOPO

PUTRI, ALFIONA SULTANA (2022) MANAJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SANTRI DI SMA PONDOK PESANTREN MODEREN DATOK SULAIMAN PUTRI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ALFIONA SULTANA PUTRI.pdf] Text
ALFIONA SULTANA PUTRI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Alfiona Sultana Putri, 2022.“Manajemen Kurikulum Pondok Pesantren Dalam
Pembentukan Karakter Di SMA Pondok Pesantren Modern Bagian
Putri Palopo”.Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo.Dibimbing oleh Hisban Thaha dan Muhammad Ihsan.
Penelitian ini membahas tentang manajemen kurikulum Pondok Pesantren
yang berperan penting dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren
Modern Datok Sulaiman Putri Palopo. Dalam proses pembelajaran tidak cukup
hanya memberikan pengetahuan umum saja tetapi perlu adanya pembinaan
karakter santri. Dengan adanya manajemen kurikulum yang baik diharapkan dapat
membantu para santri dalam proses belajar dan mengembangkan karakter pribadi
mereka sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran: (1) Bagaimana
perencanaan kurikulum Pondok Pesantren dalam pembentukan karakter santri di
Pondok Pesantren Modern Datok Sulaiman Putri Palopo; (2) Bagaimana
pelaksanaan kurikulum Pondok Pesantren dalam pembentukan karakter santri di
Pondok Pesantren Modern Datok Sulaiman Putri Palopo; (3) Bagaimana evaluasi
kurikulum Pondok Pesantren dalam pembentukan karakter santri di Pondok
Pesantren Modern Datok Sulaiman Putri Palopo. Jenis penelitian ini termasuk ke
dalam penelitian Kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara dan dokumentasi.
Hasil peneilitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan kurikulum Pondok
Pesantren dalam pembentukan karakter berdasarkan visi, misi, dan tujuan
Pesantren dan juga menggunakan tiga kurikulum yaitu kurikulum kemenag dan
penggabungan kurikulum dinas pendidikan dan kurikulum pesantren. Untuk itu
Pondok Pesantren Datok Sulaiman Putri Palopo mengelompokkan materi
kurikulum menjadi beberapa program pembelajaran meliputi: program agama,
program adaptif, program normatife, program produktif dan program
ekstrakurikuler. (2) Dalam pelaksanaan kurikulum Pondok Pesantren ini
memaksimalkan pembelajaran dikelas dengan beberapa media yang ada, selain itu
pembentukan karakter santri juga dibantu dengan adanyabeberapa organisasi
santri dan program ekstarakurikuler wajib dan pilihan. (3) Evaluasi kurikulum
Pondok Pesantren ini dilakukan dengan penilaian terhadap hasil belajar santri
melalui beberapa evaluasi pembelajaran meliputi evaluasi formatif, evaluasi
submatif, evaluasi placement dan evaluasi diagnostik. Dari hasil evaluasi tersebut
akan diakumulasikan menjadi nilai raport dan syarat kelulusan.
Kata kunci: Manajemen kurikulum, Pondok Kesantren, Karakter Santri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 27 Feb 2023 23:58
Last Modified: 27 Feb 2023 23:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5540

Actions (login required)

View Item View Item