DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS SISWA KELAS XI MIPA 2 DI SMAN 5 LUWU)

JAHIDA, AULIA (2022) DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS SISWA KELAS XI MIPA 2 DI SMAN 5 LUWU). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of AULIA MUJAHIDA.pdf] Text
AULIA MUJAHIDA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Aulia Mujahida, 2022. “Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat
Belajar Pendidikan Agama Islam Masa Pandemi Covid-19 (Studi
Kasus Siswa Kelas XI MIPA 2 di SMAN 5 Luwu). Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh Ria Warda dan Tasdin Tahrim.
Skripsi ini membahas tentang dampak penggunaan media sosial terhadap
minat belajar pendidikan agama Islam masa pandemi covid-19 (studi kasus siswa
kelas XI MIPA 2 di SMAN 5 luwu). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana dampak penggunaan media sosial WhatsApp dan Instagram terhadap
minat belajar siswa kelas XI MIPA 2 di SMAN 5 Luwu selama masa pandemi
Covid-19 dan bagaimana dampak media sosial terhadap minat belajar siswa kelas
XI MIPA 2 di SMAN 5 Luwu pada mata pelajaran PAI di masa pandemi Covid�19.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat
deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus (case study). Adapun
sumber informasi dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah SMAN 5 Luwu,
Guru Pendidikan Agama Islam dan siswa kelas XI MIPA 2. Untuk
mengumpulkan data penulis menggunakan teknik wawancara dan observasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, Pandemi covid-19
mengakibatkan minat belajar siswa menurun, hal ini di karenakan proses
pembelajaran dilakukan secara virtual atau online menggunakan aplikasi sehingga
siswa mudah jenuh, bosan dan siswa susah memahami materi yang disampaikan
guru. Kebanyakan dari siswa kelas XI MIPA 2 lebih paham dengan penjelasan
guru secara langsung didalam kelas dibandingkan dengan penjelasan materi
melalui online. Selain itu, pembelajaran online sangat tidak menarik bagi siswa
sehingga mereka tidak tertarik untuk fokus memperhatikan guru selama proses
pembelajaran berlangsung. Kedua, dampak penggunaan media sosial WhatsApp
dan Instagram bagi minat belajar siswa kelas XI MIPA 2 di SMAN 5 Luwu lebih
menunjukkan kearah yang negatif. Mengingat banyaknya ditemukan dampak
negatif daripada dampak positif penggunaan media sosial WhatsApp dan
Instagram bagi siswa. Minat belajar siswa yang menurun sebab pada nyatanya
media sosial menjadi alasan kuat yang dilontarkan siswa misalnya karena waktu
mereka habis untuk mengakses media sosial. Selain itu pembelajaran online tidak
menarik minat belajar sehingga membuat siswa tidak bisa fokus memperhatikan
dan memahami materi yang disampaikan guru selama proses pembelajaran di
masa pandemi covid-19. Walaupun siswa kelas XI MIPA 2 kebanyakan menyukai
mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa
penggunaan media sosial banyak mempengaruhi minat belajar mereka.
Kata Kunci: Dampak Media Sosial, Minat Belajar, Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 28 Feb 2023 00:30
Last Modified: 28 Feb 2023 00:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5544

Actions (login required)

View Item View Item