STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK TERPUJI MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 PALOPO

PERTIWI, ASMA (2022) STRATEGI PENANAMAN NILAI-NILAI AKHLAK TERPUJI MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ASMA PERTIWI.pdf] Text
ASMA PERTIWI.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Asma Pertiwi, 2022.“Strategi Penanaman nilai-nilai akhlak terpuji melalui
pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri 2
Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Muhaemin, M.A. dan
Dr. Taqwa, M.Pd. I.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi guru pendidikan
agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai akhlak terpuji melalui pembelajara
pendidikan agama islam di SMK Negeri 2 Palopo; Bagaimana faktor pendukung
dan penghambat Strategi guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai�nilai akhlak terpuji melalui pembelajaran pendidikan agama islam di SMK Negeri
2 Palopo.
Jenis penelitian ini dalam skripsi adalah kualitatif deskriptif yaitu
penelitian yang dilakukan untuk memahami fenomena sosial. Metode pendekatan
kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan kata-kata tertulis atau
lisan responden dan prilaku yang diamati. Tekhnik pengumpulan data yang
digunakan yaitu Observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam
menanamkan nilai-nilai akhlak terpuji melalui pembelajaran pendidikan agama
Islam di SMK Negeri 2 palopo yaitu melalui metode pembelajran yang di
dalamnya meliputi (metode pembiasaan, metode keteladanan, metode nasihat dan
metode pengawasan) dan pengevaluasian pembelajaran yang tentunya disesuaikan
dengan nilai-nilai akhlak yang ditanamkan yaitu kejujuran, kedisiplinan dan
kesopanan. faktor pendukung dalam penanaman nilai-nilai akhlak tersebut
diantaranya yaitu menganjurkan para peserta didik untuk mengikuti kegiatan
organisasi dan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti organisasi Rohis, kegiatan
shalat berjama’ah, literasi al-Qur’an juga terdapat faktor penghambat yaitu
kurangnya minat peserta didik untuk memasuki organisasi, pengaruh lingkungan
masyarakat atau sosial dan sekolah yang mayoritas peserta didiknya adalah laki�laki.
Kata Kunci: Strategi, Penanaman nilai-nilai akhlak Terpuji, pembelajaran
pendidikan agama islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 28 Feb 2023 00:41
Last Modified: 28 Feb 2023 00:41
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5546

Actions (login required)

View Item View Item