STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 PALOPO

WIRDA, WIRDA (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of WIRDA.pdf] Text
WIRDA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Wirda, 2022. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Dan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di SMK
Negeri 1 Palopo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Fatmaridah Sabani dan Ali Nahruddin
Tanal.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di
SMK Negeri 1 Palopo. Pokok permasalahan pada penelitian ini adalah strategi
guru dalam meningkatkan motivasi belajar dan kecerdasan emosional peserta
didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar dan kecerdasan
emosional peserta didik untuk mengetahui apa dampak yang ditimbulkan jika
pendidik memberikan atau menerapkan strategi untuk meningkatkan motivasi
belajar dan kecerdasan emosional peserta didik. Penelitian ini menggunakan
pendekatan penelitian interdisipliner dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif.
Teknik analisis data ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara mendetail
tentang latar belakang, motivasi belajar dan kecerdasan emosional peserta didik
yang bersifat khusus dijadikan suatu hal yang bersifat umum. Dalam rangka
mendapatkan data yang dibutuhkan penulis menggunakan teknik pengumpulan
data, antara lain: observasi dengan menggunakan pengamatan langsung diteliti,
interview dengan melakukan wawancara untuk mengumpulkan data, dan
dokumentasi dengan mengumpulkan data yang bersumber dari arsip atau
dokumen yang ada hubungannya dengan penelitian ini. Sumber informasinya
adalah guru pendidikan Agama Islam dan peserta didik kelas XI Akuntansi 1 di
SMK Negeri 1 Palopo. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa gambaran
motivasi belajar dan kecerdasan emosional peserta didik pada kelas XI Akuntansi
1 di SMK Negeri 1 Palopo sudah cukup baik dan meningkat. Adapun strategi
yang diterapkan dapat meningkatkan motivasi belajar dan kecerdasan emosional
peserta didik pada kelas XI Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Palopo yaitu (1) strategi
meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu menggunakan strategi
pembelajaran ekspositori dan strategi pembelajaran inkuiri, dengan menggunakan
metode ceramah, diskusi, pemberian tugas, dan Tanya jawab. (2) strategi
meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik yaitu strategi pembelajaran
kooperatif, dengan menggunakan metode ceramah, diskusi aktif, reward and
punishment, pembiasaan dan demonstrasi. Dengan adanya strategi atau upaya
tersebut akan menjadi bekal utama bagi peserta didik di masa depan yang akan
datang.
Kata kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar, dan
Kecerdasan Emosional

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 28 Feb 2023 01:37
Last Modified: 28 Feb 2023 01:37
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5552

Actions (login required)

View Item View Item