PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA UNTUK MEWUJUDKAN KERUKUNANSISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 LUWU UT

HAMRAWATI, HAMRAWATI (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN SIKAP TOLERANSI ANTAR UMAT BERAGAMA UNTUK MEWUJUDKAN KERUKUNANSISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 LUWU UT. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HAMRAWATI.pdf] Text
HAMRAWATI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Hamrawati, 2022. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan
Sikap Toleransi Antar Umat Beragama untuk Mewujudkan
Kerukunan Siswa di SMA Negeri 10 Luwu Utara.” Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh A. Riawarda dan Andi Arif Pamessangi. Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Menanamkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama untuk Mewujudkan
Kerukunan Siswa di SMA Negeri 10 Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan: Untuk
mengetahui bentuk-bentuk toleransi antar umat beragama untuk mewujudkan
kerukunan siswa di SMA Negeri 10 Luwu Utara; Untuk mengetahui peran guru
pendidikan agama Islam dalam menanamkan sikap toleransi antar umat beragama
untuk mewujudkan kerukunan siswa SMA Negeri 10 Luwu Utara; Untuk
mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat bagi guru dalam
menanamkan sikap toleransi antar umat beragama untuk mewujudkan kerukunan
siswa SMA Negeri 10 Luwu Utara.Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian deskritif kualitatif yang menggambarkan fakta di
lapangandenganmenggunakanpendekatanfenomenologi dan pedagogik. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Pengecakan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk toleransi terbagi menjadi dua
macam, yaitu bentuk toleransi dengan sesama umat muslim dan toleransi dengan
non muslim. 2) Peran guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan sikap
toleransi di SMA Negeri 10 Luwu Utara terbagi menjadi lima yaitu; guru sebagai
pendidik dan pengajar, guru sebagai fasilitator, guru sebagai pembimbing, guru
sebagai motivator dan guru sebagai evaluator.3) Faktor pendukung dan faktor
penghambat guru pendidikan Agama Islam dalam menanamkan sikap toleransi
antar umat beragama yaitu; faktor pendukung meliputi Tersedianya buku
pembelajaran, Adanya kerja sama antar guru, siswa dan orang tua siswa, Tersedianya tempat beribadah/musollah, Terjalinnya hubungan yang baik antar
guru pendidikan agama Islam dan guru non Islam, diperbolehkan menggunakan
handphone dalam belajar. Adapun faktor penghambat guru dalam menanamkan
sikap toleransi antar umat beragama terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan
faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dalam diri siswa itu
sendiri, sedangkan faktor eksternal berasal dari luar yaitu, media sosial, kurangnya tenaga guru pendidikan agama Islam, dan lingkungan pergaulan siswa
dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci: Peran guru PAI, Menanamkan sikap toleransi antar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 28 Feb 2023 06:13
Last Modified: 28 Feb 2023 06:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5555

Actions (login required)

View Item View Item