PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI, PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA GURU SDIT AL BINA TOMONI KABUPATEN LUWU TIMUR

MUKTININGSIH, ERNI (2022) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI, PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA GURU SDIT AL BINA TOMONI KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ERNI MUKTININGSIH.pdf] Text
ERNI MUKTININGSIH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Erni Muktiningsih, 2022. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi,
Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Kinerja Guru di SDIT
Al Bina Tomni Luwu Timur” Tesis Program Studi Magister Manajemen
Pendidikan Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Palopo dibimbing oleh
Ahmad Syarief Iskandar dan Hj. St. Marwiyah
Kata Kunci : gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, teknologi informasi dan
komunikasi, kinerja guru
Penelitian ini membahas seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah, budaya
organisasi, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terhadap kinerja guru di SDIT Al Bina
Tomoni. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah,
budaya organisasi, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terhadap kinerja guru di SDIT Al
Bina Tomoni.
Desain penelitian yang digunakan adalah expost facto korelasional dengan pendekatan
deskriptif kuantitatif serta menggunakan analisis regresi berganda. Variable penelitian terdiri dari 3
variable dependen yaitu Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1), Budaya Organisasi (X2) dan
Penggunaan Teknologi informasi dan komunikasi (X3). Variable dependen yang digunakan adalah
kinerja guru (Y). data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan
dengan menggunkan kuesioner skala likert (5 skala) terhadap 50 responden sebagi sampel yang dihitung
dengan formula Slovin dari populasi guru sebanyak 57 orang. Data sekunder dikumpulkan dokumentasi
di lokasi penelitian. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Uji klasik menggunakan uji
normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Uji hipotesis dengan menggunakan uji parsial,
menggunakan uji T dan uji Simultan menggunakan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh parsial masing-masing variable independen
adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) sebesar 61,4%, budaya organisasi (X2) sebesar 44,6%,
dan Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebesar (X3) 28,6%. Secara simultan variable
Gaya Kepemimpinan dan Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru
dengan kontribusi sebesar 67,2%, variable budaya organisasi dan penggunaan TIK secara simultan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 61,8%. Ketiga
variable independen secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru di SDIT
Al Bina dengan kontribusi sebesar 54,7%.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 28 Feb 2023 06:41
Last Modified: 28 Feb 2023 06:41
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5559

Actions (login required)

View Item View Item