STRATEGI BISNIS BUSANA MUSLIM PADA ERBA SHOPE (MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO)

ASMIDAR, SITTI (2022) STRATEGI BISNIS BUSANA MUSLIM PADA ERBA SHOPE (MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SITTI ASMIDAR.pdf] Text
SITTI ASMIDAR.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Sitti Asmidar, 2022 “Strategi Bisnis Busana Muslim pada Erba Shope
(Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri Palopo). Skripsi Program Studi
Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nurul Khairani Abduh.
Strategi bisnis bertujuan untuk mencapai tujuan jangka panjang dan
menemukan posisi usaha/bisnis, sehingga usaha/bisnis tersebut dapat bertahan
dari tekanan yang semakin ketat di dunia bisnis. Oleh sebab itu penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis busana Muslim berdasarkan analisis
SWOT (Strenghts, weaknesses, opportunities, threats) di Erba Shope.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan
dokumentasi terhadap owner dan beberapa konsumen Erba Shope. Dalam
menguji validitas data, penulis menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Kemudian dilakukan analisis SWOT dan di matrikskan serta dibuat juga dalam
bentuk kuadran sehingga dapat menghasilkan beberapa alternatif dalam
mengembangkan strategi bisnis dan mengetahui posisi Erba Shope saat ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kekuatan (strengths)
yaitu tersedianya pelayanan pembelian secara online, produk yang dipasarkan
mengikuti trend, kualitas produk terjamin, pelayanan pengiriman barang tepat
waktu, harga yang terjangkau dikalangan konsumen, dan tersedianya pelayanan
pembelian produk secara offline. Kelemahan (weakness) yaitu sumber daya
manusia (SDM) yang belum memadai, kurangnya efesiensi waktu, dan program
perencanaan yang tidak tertulis. Peluang (Opportunity) yaitu kemajuan teknologi,
loyalitas pelanggan, peluang pangsa pasar, kebutuhan masyarakat yang semakin
berkembang, banyaknya kontrakan dan kos-kosan mahasiswa, dan keinginan
masyarakat yang tidak pernah puas. Ancaman (Threats) yaitu banyaknya usaha
yang menjual produk sejenis, permainan harga dari pesaing, dan daya tawar
pemasok. Posisi Erba Shope yaitu berada pada kuadran I strategi agresif dan
untuk strategi alternatif tertinggi berada pada strategi SO (strenght – opportunity).
Dengan strategi alternatif tersebut perusahaan dapat mencapai tujuan yang
diinginkan serta dapat bertahan dalam menghadapi tekanan persaingan yang ada.
Kata Kunci: analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman), strategi
bisnis

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 28 Feb 2023 07:56
Last Modified: 28 Feb 2023 07:56
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5562

Actions (login required)

View Item View Item