MANAJEMEN PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PALOPO

NISMA, NISMA (2022) MANAJEMEN PEMBELAJARAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NISMA.pdf] Text
NISMA.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nisma, 2022. “Manajemen Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 4 Palopo”. Skripsi
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing Oleh Alauddin dan Alimuddin.
Skripsi ini membahas Manajemen Pembelajaran Guru dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 4 Palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui gambaran : (1) Bagaimana manajemen pembelajaran
guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri
4 Palopo; (2) Bagaimana teknik guru dalam meningkatkan motivasi belajar
peserta didik kelas XI di SMA Negeri 4 Palopo; (3) Bagaimana motivasi belajar
peserta didik kelas XI di SMA Negeri 4 Palopo. Penelitian ini menggunakan jenis
penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari
guru dan siswa. Adapun data yang terkumpul tersebut kemudian dianalisis
menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran guru
dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI di SMA Negeri 4
Palopo menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan manajemen pembelajaran
dengan melakukan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi.
Adapun teknik guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI
yaitu dengan memanfaatkan fasilitas sekolah, memberikan motivasi sebelum
memulai pembelajaran dan harapan-harapan, memberikan apresiasi kepada
peserta didik yang berprestasi. Adapun motivasi belajar peserta didik kelas XI
yaitu siswa berinisiatif untuk mendapatkan nilai yang baik dengan cara tekun
dalam memperhatikan guru dalam penyampaian materi dan mengerjakan tugas
tepat waktu, berperilaku sopan, memilih teman yang baik dan lingkungan yang
baik.
Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Mar 2023 00:27
Last Modified: 01 Mar 2023 00:27
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5566

Actions (login required)

View Item View Item