PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADABANK SYARIAH INDONESIA KCP TOMONI LUWU TIMUR

WAWAN, RILLA PARISKA (2022) PENGARUH PELAYANAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADABANK SYARIAH INDONESIA KCP TOMONI LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of RILLA PARISKA WAWAN.pdf] Text
RILLA PARISKA WAWAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Rilla Pariska Wawan, 2022. “Pengaruh Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap
Kepuasan Nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Tomoni Luwu
Timur”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Hamida.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Terhadap
Kepuasan Nasabah pada Bank Syariah Indonesia KCP Tomoni Luwu Timur.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh pelayanan dan
fasilitas terhadap kepuasan nasabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan populasi seluruh nasabah BSI KCP Tomoni Luwu Timur.
Pengambilan jumlah sampel 99 responden dengan menggunakan rumus slovin.
Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji instrument, uji
asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi berganda. Alat analisis pada
penelitian ini menggunakan bantuan SPSS versi 24. Hasil pengolahan data
diketahui bahwa secara parsial variabel pelayanan berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan nasabah dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel
(4,056 > 1,991), dan variabel fasilitas juga berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan nasabah dengan signifikan 0,008 < 0,05 dengan nilai thitung> ttabel (2,693 >
1,991). Sedangkan secara simultan variabel pelayanan dan fasilitas berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan tingkat signifikan 0,000< 0,05
dengan nilai fhitung >ftabel (13,153 > 3,091). Kemudian diketahui variabel pelayanan
danfasilitas mampu menerangkan variabel kepuasan nasabah sebesar 0,215 atau
21,5% sisanya 78,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam
penelitian ini.
Kata Kunci: Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Mar 2023 06:30
Last Modified: 01 Mar 2023 06:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5581

Actions (login required)

View Item View Item