EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN OSBORN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 PALOPO

MALIK, BISMAR (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN OSBORN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of BISMAR MALIK.pdf] Text
BISMAR MALIK.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Bismar Malik, 2022. “Efektivitas Model Pembelajaran Osborn dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas VII di SMP Negeri 5
Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Sumardin Raupu dan Megasari.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas model pembelajaran Osborn
dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII di SMP Negeri 5
Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa
sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Osborn. Penelitian ini
juga bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Osborn efektif
terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa di kelas VII di SMP Negeri
5 Palopo.
Jenis penelitian ini yaitu true eksperimental design tipe pre-test and post�test kontrol group design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian adalah
cluster random sampling, dengan jumlah sampel 32 orang siswa. Data diperoleh
melalui tes. Kemudian data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan
statistik inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi kenaikan yang signifikan
pada nilai rata-rata post test, dimana nilai rata-rata pre test termasuk dalam
kategori sangat kurang dan nilai rata-rata post test termasuk dalam kategori baik.
Berdasarkan perhitungan rata-rata kedua data tersebut maka dapat disimpulkan
bahwa �ℎ����� > ��
���, yang artinya bahwa model pembelajaran Osborn efektif
terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Dimana nilai rata-rata hasil
belajar matematika siswa sebelum menggunakan model pembelajaram Osborn
lebih rendah dari nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa sesudah
menggunakan model pembelajaran Osborn.
Kata kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Osborn, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 02 Mar 2023 00:10
Last Modified: 02 Mar 2023 00:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5587

Actions (login required)

View Item View Item