INTERAKTIVITAS PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS SD ISLAM KELAS 3 DATOK SULAIMAN KOTA PALOPO)

LESTARI, INDAH (2022) INTERAKTIVITAS PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID 19 (STUDI KASUS SD ISLAM KELAS 3 DATOK SULAIMAN KOTA PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of INDAH LESTARI 1.pdf] Text
INDAH LESTARI 1.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Indah Lestari, 2021. “Interaktivitas Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19
(Studi Kasus SD Islam Kelas 3 Datok Sulaiman Kota Palopo)”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nasaruddin dan Nilam Permatasari.
Penelitian ini bertujuan, mengetahui Interaktivitas pembelajaran di masa pandemi
covid 19 dan mengetahui faktor yang berpengaruh terhadapInteraktivitas dalam
pembelajaran di masa pandemi covid 19 di SD Islam Datok Sulaiman Kota
Palopo. Desain penelitian kualitatif, penelitian ini berusaha menguraiakan
menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang
dan perilaku yang diamati. Berdasarkan penilitian yang dilakukan kesimpulan skripsi ini, interaktivitas
pembelajaran daring yang terdapat SD Islam Kelas 3 Datok Sulaiman Kota
Palopo cukup baik dengan memanfaatkan media pembelajaran online yang ada.
Guru SD Islam Kelas 3 Datok Sulaiman Kota Palopo selalu berupaya dalam
proses pembelajaran agara mampu mencapai tujuan pembelajaran daring yang
baik. Namun, karena proses pembelajaran daring yang dilakukan tanpa bertatap
muka langsung dengan siswa membuat guru tidak terbiasa sehingga guru perlu
untuk bimbingan yang lebih maksimla. Hal ini membuat tujuan pembelajaran
dalam rangka tercapainya pemahaman siswa yang telah direncanakan sebelumnya
masih belum tercapai dan kurangnya kedisiplinan siswa dalam proses
pembelajaran.Hal ini dapat dilihat dari pernyataan guru yang masih ragu atas
capaian siswa, karena keterlibatan orang tua yang pragmatis bukan kepada proses
pembimbingan yang edukatif. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi
Interaktivitas pembelajaran di masa pandemic di SD Islam Datok Sulaiman Kota
Palopo, Pertama, Metode Pembelajaran, hal ini menjadi sangat penting dalam
sebuah proses pembelajaran, tidak tercapainya sebuah tujuan pembelajaran
diakibatkan kurangnya metode pembelajaran yang strategis dalam transformasi
pengetahuan kepada siswa. Apalagi siswa kelas 1 sampai 3 SD yang memerlukan
perhatian ekstra, tentunya sekolah haruslah memiliki metode tersendiri
memaksimalkan pembelajaran. Kedua Pemahaman Terhadap Materi, pemahaman
materi siswa adalah kunci idealnya kualitas interaksi atau Interaktivitas guru dan
murid. Baiknya pemahaman materi siswa akan membuat guru dengan mudah
memaksimalkan pembelajaran. Ketiga, Orang Tua, yang merupakan guru pertama
saat ini (Situasi pandemic Covid 19) dirumah, pendisiplinan siswa adalah tugas
utama orang tua saat ini. Disiplinnya siswa dirumah akan berefek kepada
perhatiannya terhadap pelajaran. Keempat, Lingkungan adalah baik dan buruknya
lingkungan seorang murid akan membentuk sikap dan perhatian murid terhadap
sebuah pembelajaran.
Kata Kunci:Interaktivitas, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid 19

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 02 Mar 2023 00:22
Last Modified: 02 Mar 2023 00:22
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5589

Actions (login required)

View Item View Item