PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBANTUAN WINGEOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IX SMP NEGERI 5 PALOPO

NURHANIFA B, NURHANIFA B (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG BERBANTUAN WINGEOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IX SMP NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURHANIFA B.pdf] Text
NURHANIFA B.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhanifa B., 2022, Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika pada
Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbantuan Wingeom untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas IX SMP Negeri 5 Palopo.
Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Nasaruddin dan St. Zuhaerah Thalhah.
Penelitian ini membahas tentang pengembangan modul pembelajaran
matematika materi bangun ruang sisi lengkung berbantuan wingeom untuk
meningkatkan hasil belajar matematika pada kelas IX SMP Negeri 5 Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektivitas
modul pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi lengkung berbantuan
wingeom.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and
Development) dengan menggunakan model ADDIE yaitu: (1) Tahap Analysis
(Analisis), (2) Tahap Design (Desain), (3) Tahap Development (Pengembangan),
(4) Tahap Implementation (Implementasi), (5) Tahap Evaluation (Evaluasi).
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Palopo dengan subjek penelitian yaitu
siswa kelas IX dan guru mata pelajaran matematika di SMP Negeri 5 Palopo.
Untuk mengetahui validitas dari produk yang dikembangkan peneliti
memberikan angket validasi kepada ahli media dan ahli materi. Hasil validasi
produk modul pembelajaran dari ahli media dengan persentase 81% dengan
kategori sangat valid dan ahli materi dengan persentase 87,5% dengan kategori
sangat valid. Untuk uji kepraktisan modul pembelajaran diperoleh dari respon
peserta didik dengan persentase 88,5% dengan kategori sangat praktis dan respon
pendidik dengan persentase 83% dengan kategori sangat praktis. Dan untuk uji
keefektifan modul pembelajaran dari peserta didik diperoleh skor 0,38 dengan
kategori penilaian sedang atau efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat
disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi
lengkung berbantuan wingeom memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk
digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Bangun Ruang Sisi Lengkung, Modul Pembelajaran Matematika,
Wingeom.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 02 Mar 2023 01:31
Last Modified: 02 Mar 2023 01:31
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5604

Actions (login required)

View Item View Item