PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERMAIN SCRAMBLE DI TK PELITA HARAPANDESA TAMMALUMU KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2022

KASIM, NURMELINIA (2022) PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI BERMAIN SCRAMBLE DI TK PELITA HARAPANDESA TAMMALUMU KECAMATAN SULI KABUPATEN LUWU PROVINSI SULAWESI SELATAN TAHUN 2022. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURMELINIA KASIM.pdf] Text
NURMELINIA KASIM.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurmelinia Kasim, 2022. “Peningkatan Perkembangan Kognitif Anak Melalui
Bermain Scramble di TK Pelita Harapan Usia 4-5 Tahun di Desa
Tammalumu Kecamatan Suli Kabupaten Luwu Provinsi Sulawesi
Selatan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh H. M. Arief R dan Eka Poppi Hutami.
Skripsi ini membahas tentang Kemampuan Kognitif Anak Didik TK Pelita
Harapan dan sub masalah yaitu bagaimana kemampuan kognitif balajar anak di
TK Pelita Harapan desa Tammalumu Kecamatan Suli Kabupaten Luwu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan kognitif
belajar anak di TK Pelita Harapan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
dengan dua siklus yaitu Siklus I yang terdiri dari 4 kali pertemuan dan Siklus II
yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A
TK Pelita Harapan Tahun ajaran 2021/2022, yang berjumlah 12 orang anak, yang
terdiri dari 8 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Metode pemecahan masalah
yang digunakan yaitu dengan menerapkan proses belajar mengajar dengan
menggunakan media Scramble untuk meningkatkan perkembangan kognitif
belajar anak yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Keberhasilan penelitian ini ditentukan dengan skor hasil penelitian yang
menunjukkan peningkatan hasil belajar anak.
Skor pada kondisi awal atau pra tindakan sebesar 35% dari semua indikator
dan belum memenuhi kategori baik. Siklus I dengan rata-rata skor observasi
sebesar 53% dari semua jumlah indikator dan belum memenuhi kategori baik.
Siklus II dengan rata-rata skor 85% secara keseluruhan dari semua jumlah
indikator dan mencapai kategori baik. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas
(PTK) ini berhasil sehingga peneliti merekomendasikan pembelajaran
menggunakan Scramble dapat meningkatkan perkembangan kognitif belajar anak
di TK Pelita Harapan.
Kata Kunci :Perkembangan Kognitif dan Scrambl

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 02 Mar 2023 08:03
Last Modified: 02 Mar 2023 08:03
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5621

Actions (login required)

View Item View Item