PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMPIT) INSAN MADANI KOTA PALOPO

MIRWA, MIRWA (2022) PENGARUH HAFALAN AL-QUR’AN TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU (SMPIT) INSAN MADANI KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MIRWA.pdf] Text
MIRWA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Mirwa, 2022. “Pengaruh hafalan al-Qur‟an terhadap Akhlak peserta didik
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Insan Madani
kota Palopo. Skripsi Program Studi Ilmu Al-Qur‟an dan Tafsir
Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Efendi P dan Subekti Masri.
Skripsi ini membahas tentang pengaruh hafalan al-Qur‟an terhadap akhlak
mahmūdah. Adapun sub masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (1)
Apakah hafalan al-Qur‟an berpengaruh terhadap akhlak mahmūdah peserta didik
Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Insan Madani kota Palopo?. (2)
Berapakah tingkat signifikansi hafalan al-Qur‟an terhadap akhlak mahmūdah
peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) IT Insan Madani kota Palopo?.
Kemudian penelitian bertujuan: untuk mengetahui pengaruh hafalan al-Qur‟an
terhadap akhlak mahmūdah peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Islam Terpadu Insan Madani kota Palopo. Untuk mengetahui berapa tingkat
signifikansi hafalan al-Qur‟an terhadap akhlak mahmūdah. Jenis penelitian yang
digunakan adalah field research (lapangan) dengan menggunakan pendekatan
kuantitatif ex-post facto metode regresi linear sederhana serta menggunakan
metode pengumpulan data: kuisioner/angket. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: dari data hasil penelitian dengan diperoleh Thitung sebesar 7,379 dan Ttabel
sebesar 1,997 atau 7,379 > 1,997 dan nilai signifikansi hafalan al-Qur‟an sebesar
0,000 < 0,05 (Hipotesis diterima). Hasil koefisien determinasi r square sebesar
0,460 atau sebesar 46% dengan kategori tinggat hubungan atau signifikansi cukup
kuat, dengan sisanya (100% - 46% = 54%) yang dipengaruhi oleh variabel lain.
Sehinga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara hafalan al�Qur‟an terhadap akhlak mahmūdah peserta didik dengan tingkat signifikansi
cukup kuat. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan
lebih mendalam tentang urgensi menghafal al-Qur‟an, manfaat dan keistimewaan
dalam menghafalkan al-Qur‟an, peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji
lebih banyak sumber maupun referensi yang terkait dengan pengaruh hafalan al�Qur‟an agar penelitiannya lebih lengkap lagi.
Kata kunci : Hafalan al-Qur‟an, Akhlak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 297.122 Qur'an, Al-Qur'an, Alquran
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 03 Mar 2023 00:46
Last Modified: 03 Mar 2023 00:46
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5628

Actions (login required)

View Item View Item