SINERGI PENGAWAS DAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN STANDAR KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KODEOHA

NURHIKMAH, NURHIKMAH (2023) SINERGI PENGAWAS DAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN STANDAR KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KODEOHA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURHIKMAH.pdf] Text
NURHIKMAH.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
NURHIKMAH, 2022. “Sinergi Pengawas dan Kepala sekolah dalam
Pencapaian Standar Kinerja Guru PAI di SMA Negeri 1 Kodeoha”. Tesis
Pascasarjana Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Dibimbing oleh Hilal Mahmud dan Muhaemin.
Sinergi pengawas dan kepala sekolah memiliki pengaruh terhadap
kinerja guru pendidikan agama Islam. Sinergi pengawas dan kepala sekolah
tidak hanya memiliki kelebihan dalam membantu guru akan tetapi juga
memiliki kekurangan yang perlu diperbaiki. Penelitian ini bertujuan untuk
mengidentifikasi bentuk sinergi yang dilakukan pengawas dan kepala
sekolah dalam membuat program kerja, melakukan supervisi dan
melaksanakan penilaian kinerja. Mengetahui faktor internal dan eksternal
yang menghambat sinergi pengawas dan kepala sekolah dalam pencapaian
standar kinerja guru PAI serta mendeskripsikan pencapaian standar kinerja
guru PAI.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, bentuk
sinergi yang dilakukan dalam membuat program kerja ialah dengan
mengadakan musyawarah bersama. Kemudian kunjungan kelas digunakan
dalam melakukan supervisi. Selanjutnya pelaksanaan penilaian kinerja
dilakukan dengan Field review method. Kedua, faktor internal dan eksternal
menunjukkan bahwa rendahnya kemampuan dan etos kerja guru disebabkan
oleh lokasi sekolah yang lumayan jauh ditempuh pengawas, pengawas yang
berhalangan datang serta dana yang minin dan faktor eksternal seperti
adanya kebijakan pemerintah yang sering berubah. Ketiga, pencapaian
standar kinerja guru PAi sudah baik yang dibuktikan dari prestasi yang telah
dicapai peserta didik dalam bidang keagamaan, kemudian kegiatan
keagamaan yang dilakukan dalam membentuk karakter peserta didik dan
kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan model pembelajaran yang
dapat menarik minat belajar peserta didik.
Kata Kunci: Sinergi, Pengawas, Kepala Sekolah, Kinerja Guru PAI

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 03 Mar 2023 07:08
Last Modified: 03 Mar 2023 07:08
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5644

Actions (login required)

View Item View Item