IMPLEMENTASI SIMULASI LALU LINTAS DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR ANAK KELOMPOK B DI RAUDAHTUL ATFHAL AS’ADIYAH PENGKENDEKAN

QHATIMA, HUSNUL (2022) IMPLEMENTASI SIMULASI LALU LINTAS DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN DAN HASIL BELAJAR ANAK KELOMPOK B DI RAUDAHTUL ATFHAL AS’ADIYAH PENGKENDEKAN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HUSNUL QHATIMA.pdf] Text
HUSNUL QHATIMA.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
HUSNUL QHATIMA, 2022. “Implementasi Simulasi Lalu Lintas Dalam
Meningkatkan Kedisiplinan Dan Hasil Belajar Anak Kelompok B
Di Raudhatul Atfhal As’Adiyah Pengkendekan”, Skripsi Program
Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh H. Rustan S dan Sumardin Raupu.
Meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar sangat penting untuk anak
didik yang baru masuk pada Tahun Ajaran 2021/2022 di Raudhatul Atfhal
As‟adiyah Pengkendekan. Penelitian ini bertujuan dalam meningkatkan
kedisiplinan dan hasil belajar anak kelompok B di Raudhatul Atfhal As‟adiyah
Pengkendekan Tahun Ajaran 2021/2022 melalui Implementasi Simulasi Lalu
Lintas.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian
tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan dua siklus. Subjek dalam penelitian
ini adalah anak didik kelompok B di Raudhatul Atfhal As‟adiyah Pengkendekan
pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 12 orang anak didik.
Teknik dalam pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar anak didik dan
observasi aktivitas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik
analisis kuantitatif.
Sebelum masuk pada tahap siklus, peneliti melakukan tindakan awal atau
pra siklus dengan perolehan 32% dengan kategori mulai berkembang (MB). Hasil
dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I diperoleh aktivitas anak didik
dalam kegiatan simulasi lalu lintas pada siklus I memperoleh hasil 42% dengan
kategori kedisiplinan anak mulai berkembang (MB) dan pada siklus II mengalami
peningkatan dengan perolehan mencapai 83% dengan kategori kedisiplinan anak
berkembang sangat baik (BSB). Hasil belajar anak didik mencapai 49% dengan
kategori mulai berkembang (MB) dan pada siklus II mengalami peningkatan
dengan perolehan mencapai 84% dengan kategori berkembang sangat baik (BSB).
Hasil aktivitas guru pada siklus I diperoleh hasil 90% dan pada siklus II mencapai
95% dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian ini terdapat dua implikasi
yang diperoleh yaitu, 1) Pemilihan metode yang tepat pada proses pembelajaran
sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar anak didik, 2) Pemilihan
metode pembelajaran bukan hanya tentang meningkatkan hasil belajar anak,
melainkan sikap anak didik akan berpengaruh salah satunya tentang kedsiplinan.
Jadi, Implementasi Simulasi Lalu Lintas mencapai keberhasilan dalam
meningkatkan kedisiplinan dan hasil belajar anak Kelompok B Di Raudhatul
Atfhal As‟Adiyah Pengkendekan.
Kata Kunci: Simulasi Lalu Lintas, Kedisiplinan dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 03 Mar 2023 08:22
Last Modified: 03 Mar 2023 08:22
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5649

Actions (login required)

View Item View Item