UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 TONGKONAN SATU ATAP KABUPATEN LUWU

PAUNDU, HARDIANA (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA AL-QUR’AN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 TONGKONAN SATU ATAP KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HARDIANA PAUNDU.pdf] Text
HARDIANA PAUNDU.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Hardiana Paundu.”Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi
kesulitan Belajar Membaca Al-Qur‟an Sekolah Menengah
Pertama (SMP) Negeri 1 Tongkonan Satu Atap Kabupaten
Luwu” Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu keguruan IAIN Palopo, Pembimbing I.,
Drs. H. M. Arief R, M.Pd.I., Pembimbing II., Mawardi, S.Ag.,
M.P.d.I.
Kata Kunci : Kesulitan Membaca Al-Qur’an
Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Upaya Guru
Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi kesulitan belajar membaca Al�Qur,an di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tongkonan Satu Atap
Kabupaten Luwu, apa saja kendala dan solusi Guru PAI dalam Mengatasi
Kesulitan Belajar Membaca al-Qur‟an di Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Negeri 1 Tongkonan Satu Atap Kabupaten Luwu.
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui
upaya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengatasi kesulitan belajar
membaca al-Qur‟an di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tongkonan
Satu Atap Kabupaten Luwu, 2) untuk memahami solusi mengatasi kesulitan
belajar membaca al-Qur‟an di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1
Tongkonan Satu Atap Kabupaten Luwu.
Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitaif, sebab
pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif deskriptif,
maksudnya dalam penelitian kualitatif data yang dikumpulkan bukan berupah
angka-angka, melainkan data tersebut barasal dari wawancara, catatan lapangan,
dokumentasi. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitan ini adalah
pendekatan Psikologis dan sosiologis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) Upaya yang
dilakukan Guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar membaca al-Qur‟an di
Sekolah Menengah Pertama (SMP)Negeri 1 Tongkonan Satu Atap Kabupaten
Luwu yaitu memberikan tugas (PR), memberikan motivasi pada siswanya dan
memperkuat semangat dalam jiwanya yang dapat menyebabkan siswa tersebut
menyukai guru dan sekolahnya serta otaknya akan mudah menerima pelajaran,
memilih motode pembelajaran secara tepat, sehingga siswa tidak bosan dan jenuh
terhadap mata pelajaran PAI khususnya membaca al-Qur‟an. 2) faktor yang
menjadi pendukung upaya guru pendidikan Agama Islam dalam mengatasi
kesulitan belajar membaca al-Qur‟an di Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Negeri 1 Tongkonan Satu Atap kabupaten Luwu.
Faktor yang menghambat Upaya Guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar
membaca al-Qur,an siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1
Tongkonan Satu Atap Kabupaten Luwu yaitu : kurangnya perhatian orangtua
untuk membimbing anak dan kurangnya perhatian dalam mengawasi anaknya,
tidak tersedianya kegiatan ekstrakulikuler yang dapat menjadi pendukung
kegiatan belajar membaca al-Qur‟an, sarana dan prasarana yang kurang memadai,
jumlah guru Agama Islam tidak memadai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Mar 2023 00:43
Last Modified: 06 Mar 2023 00:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5654

Actions (login required)

View Item View Item