KREATIVITAS PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 4 PALOPO

HAFID, HAFID (2023) KREATIVITAS PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HAFID.pdf] Text
HAFID.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Hafid, 2022, “Kreativitas Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi
Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMA Negeri 4 Palopo” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Pembimbing (I) Dr. H. Syamsu Sanusi, M.Pd.I., (II) Abdul Rahim
Karim, M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang kreativitas pengelolaan kelas dalam
meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMA Negeri 4 Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk:
mengetahui motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 4 Palopo, untuk
mengetahui kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam pengelolaan kelas di
SMA Negeri 4 Palopo, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat
kreativitas pengelolaan kelas di SMA Negeri 4 Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data yang digunakan dengan metode ebservasi, wawancara, dan
dokumnentasi. Pengecekan keabsahan data mengunakan tringulasi sumber,
tringulasi teknik dan tringulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Motivasi belajar peserta didik
SMA Negeri 4 Palopo pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam telah
mengalami peningkatan yang signifikan setelah guru memberikan pengarahan
tujuan pembelajaran, pemberian materi pembelajaran yang sesuai dengan
kebutuhan, dan metode pembelajaran yang menarik, 2) Bentuk kreativitas guru di
SMA 4 Palopo dalam pengelolaan kelas berupa penggunaan berbagai variasi
pembelajaran seperti games, praktik langsung, mengajar di luar kelas, penataan
ruang kelas, dan penataan tempat duduk, 3) Adapun faktor pendukung
pengelolaan kelas yaitu motivasi belajar peserta didik, profesionalisme guru dan
kepala sekolah, serta sarana dan prasarana. Sementara faktor penghambatnya
yaitu tingkat kesadaran dan minat belajar agama peserta didik yang masih rendah,
ketersediaan sarana berupa LCD yang kurang memadai, distraksi fokus peserta
didik ke dunia maya, serta pandemi yang sempat melanda.
Kata kunci: Kreativitas, pengelolaan kelas, motivasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Mar 2023 00:58
Last Modified: 06 Mar 2023 00:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5658

Actions (login required)

View Item View Item