IMPLEMENTASI SUPERVISI MANAJERIAL DAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU DI SMAN 2 LUWU UTARA

WULANDARI, INDAH (2023) IMPLEMENTASI SUPERVISI MANAJERIAL DAN SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATAN PROFESIONALITAS GURU DI SMAN 2 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of INDAH WULANDARI.pdf] Text
INDAH WULANDARI.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Indah Wulandari, 2023. “Implementasi Supervisi Manajerial dan Supervisi
Akademik dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Di SMAN 2
Luwu Utara”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Hasbi dan Ino Sulistiani.
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Supervisi Manajerial dan
Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Di SMAN 2
Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui tahapan perencanaan
supervisi manajerial dan supervisi akademik dalam meningkatkan profesionalitas
guru di SMAN 2 Luwu Utara; 2) untuk mengetahui pelaksanaan supervisi
manajerial dan supervisi akademik dalam meningkatkan profesionalitas guru di
SMAN 2 Luwu Utara; 3) untuk mengetahui hasil implementasi supervisi
manajerial dan supervisi akademik dalam meningkatkan profesionalitas guru di
SMAN 2 Luwu Utara; 4) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung
implementasi supervisi manajerial dan supervisi akademik dalam meningkatkan
profesionalitas guru di SMAN 2 Luwu Utara.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari pengawas sekolah, kepala sekolah
dan siswa. Teknik analisis yang digunakan yaitu menggunakan teknik editing.
Keabsahan data dilakukan dengan cara teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan supervisi
manajerial dan supervisi akademik di SMAN 2 Luwu Utara dilaksanakan
sekurangnya dua kali dalam satu semester disesuaikan dengan program yang telah
disusun sebelumnya, kemudian menyusun program tahunan dan program
semester, menyusun Rencana Pengawasan Manajerial (RPM) dan Rencana
Pengawasan Akademik (RPA), menyusun program pembinaan kepala sekolah dan
guru, membuat instrumen serta menetapkan jadwal pelaksanaan supervisi
manajerial dan supervisi akademik; 2) pelaksanaan supervisi manajerial meliputi:
pra supervisi, pemantauan kinerja kepala sekolah, dan penilaian kinerja kepala
sekolah. Pelaksanaan supervisi akademik meliputi: pra supervisi, dan penilaian
kinerja guru; 3) nilai kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi
sosial dan kompetensi profesional guru SMAN 2 Luwu Utara dalam kategori amat
baik. Secara keseluruhan hasil penilaian kinerja guru SMAN 2 Luwu Utara
kategori amat baik; 4) faktor penghambat implementasi supervisi manajerial
dalam meningkatkan profesionalitas guru yaitu susahnya menemukan
dokumentasi pendukung yang betul-betul real. Sedangkan faktor penghambat
implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan profesionalitas guru yaitu
aliran listrik seketika padam, sehingga membuat segala pekerjaan menjadi
terhambat. Adapun faktor pendukung implementasi supervisi manajerial dalam
meningkatkan profesionalitas guru yaitu dalam hal penggunaan teknologi
informasi dan komunikasi seperti jaringan internet, printer sudah memadai.
xix
Sedangkan faktor pendukung implementasi supervisi akademik dalam
meningkatkan profesionalitas guru yaitu kesiapan sarana dan prasarana yang
memadai.
Kata Kunci: Supervisi Manajerial, Supervisi Akademik, Profesionalitas Guru

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Mar 2023 01:52
Last Modified: 06 Mar 2023 01:52
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5662

Actions (login required)

View Item View Item