BIMBINGAN KONSELING ISLAM UNTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK IT AL-FATH FARIDAH DESA LAGEGO KABUPATEN LUWU TIMUR

SAMRATULAENI, SAMRATULAENI (2022) BIMBINGAN KONSELING ISLAM UNTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK IT AL-FATH FARIDAH DESA LAGEGO KABUPATEN LUWU TIMUR. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SAMRATULLENI.pdf] Text
SAMRATULLENI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
SAMRATULAENI, 2022. “Bimbingan Konseling Islam Untuk Kemandirian
Anak Usia Dini di Tk IT Al-fath Faridah desa Lagego kabupaten
Luwu Timur”. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing Oleh Dr. Hj. Nuryani, M.A Dan
Muhammad Ilyas, S.Ag., M.A
Skripsi ini membahas tentang Bimbingan Konseling Islam Untuk Kemandirian
Anak Usia Dini di Tk IT Al-fath Faridah desa Lagego kabupaten Luwu Timur.
Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui perilaku anak usia dini di Tk IT
Al-fath Faridah desa Lagego kabupaten Luwu Timur; 2) Untuk mengetahui
bimbingan konseling Islam yang dilakukan guru untuk kemandirian anak usia dini
di Tk IT Al-fath Faridah desa Lagego kabupaten Luwu Timur; 3) Untuk
mengetahui hambatan dan solusi bimbingan konseling Islam dalam kemandirian
anak usia dini di Tk IT Al-fath Faridah desa Lagego kabupaten Luwu Timur.
Metode penelitian ini adalah penelitian Kualitatif deskriptif. Penelitian ini
dilakukan di Tk IT Al-fath Faridah yang berada di desa Lagego kabupaten Luwu
Timur. Sumber data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Adapun
teknik yang digunakan dalam pengambilan data yaitu observasi, wawancara dan
dokumentasi, informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru, Orang
tua murid. Analisis data yang digunakan yakni, induksi data. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: 1) perilaku anak usia dini di Tk IT Al-fath Faridah desa
Lagego kabupaten Luwu Timur yaitu: pertama, perilaku tidak disiplin, terlihat
anak usia dini tidak tepat waktu datang ke sekolah, tidak tepat waktu
mengumpulkan tugas, dan tidak memakai seragam sekolah; kedua, Tidak sopan,
terlihat anak usia dini selalu berbicara dengan nada tinggi kepada teman, guru,
orang tua, tidak ramah dalam berbicara, dan mengobrol pada saat pembelajaran;
ketiga, berperilaku tidak baik (nakal), terlihat anak usia dini selalu mengganggu
temannya ketika belajar atau bermain dan selalu bertengkar baik di sekolah
maupun di rumah. 2) memberikan bimbingan setiap hari sebelum masuk di dalam
kelas dengan materi iman dan taqwa berlandaskan Al-qur’an dan hadist. 3)
hambatan dan solusi bimbingan konseling Islam untuk kemandirian anak usia
dini, yaitu; pertama, Latar belakang pendidik hanya tamatan SMA (tingkat
pendidikan rendah) solusi atas hambatan tersebut yaitu walaupun hanya tamatan
sekolah menengah atas guru juga harus meluangkan diri untuk selalu belajar untuk
menambah wawasan. kedua, Anak yang sulit menangkap pelajaran ketika di
berikan pelajaran susah untuk di bimbing solusi atas hambatan tersebut yaitu anak
yang terlambat dalam memahami pelajaran guru juga harus konsultasi langsung
dengan orang tua siswa, dan selalu mengadakan pertemuan antara guru dan orang
tua murid di sekolah.
Kata Kunci: Bimbingan Konseling Islam, Kemandirian, dan Anak usia dini

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 06 Mar 2023 06:57
Last Modified: 06 Mar 2023 06:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5675

Actions (login required)

View Item View Item