PENGEMBANGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN WRITING MELALUI DIGITAL MIND MAPPING DI SMA NEGERI 2 LUWU UTARA

PURNAMASARI, EKA (2022) PENGEMBANGAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN WRITING MELALUI DIGITAL MIND MAPPING DI SMA NEGERI 2 LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of EKA PURNAMASARI.pdf] Text
EKA PURNAMASARI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Eka Purnamasari, 2022. Pengembangan Manajemen Pembelajaran Writing melalui
Digital Mind Mapping di SMA Negeri 2 Luwu Utara. Tesis
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Rustan Santaria dan Masruddin.
Tesis ini membahas tentang Pengembangan Manajemen Pembelajaran Writing
melalui Digital Mind Mapping di SMA Negeri 2 Luwu Utara. Tujuan Penelitian ini
yaitu: Untuk mengetahui pengembangan manajemen pembelajaran Writing melalui
Digital Mind Mapping di SMA Negeri 2 Luwu Utara; Untuk mengetahui kendala
dalam pengembangan manajemen pembelajaran Writing melalui Digital Mind
Mapping di SMA Negeri 2 Luwu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan atau Research and Developmen (R&D). Dalam penelitian dan
pengembangan pada tesis ini menggunakan model EDDIE (Analysis, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Adapun subjek penelitian ini yaitu
semua yang berhubungan dengan manajemen pembelajaran Bahasa Inggris yaitu
Guru mata pelajaran Bahasa Inggris, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bagian
Kurikulum, dan pengawas Bahasa Inggris di SMA Negeri 2 Luwu Utara. Modul
manajemen pembelajaran writing menggunakan digital mind mapping sudah layak
digunakan dalan proses pembelajaran writing di kelas X dengan presentase validitas
mencapai di angka 92,5% dengan kategori sangat valid untuk validasi ahli bahasa,
81,2% dengan kategori valid untuk validasi ahli materi, dan 81,2% dengan kategori
valid untuk validasi ahli design/layout. Modul manajemen pembelajaran melalui
digital mind mapping yang dikembangkan praktis digunakan dalam proses
pembelajaran writing di kelas X dengan presentase praktikalitas mencapai 75%
kategori praktis. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa modul manajemen
pembelajaran writing melalui digital mind mapping sudah layak digunakan, mudah
digunakan, dan dapat meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik dalam
pembelajaran writing kelas X.
Kata Kunci : Manajemen, Mind Mapping, Pengembangan, Writing

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 07 Mar 2023 01:04
Last Modified: 07 Mar 2023 01:04
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5681

Actions (login required)

View Item View Item