EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKAPADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BUA

SUSANTI, WIWI (2023) EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKAPADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BUA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of WIWI SUSANTI.pdf] Text
WIWI SUSANTI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Wiwi Susanti, 2022. “Efektivitas Model Kooperatip tipe Picture and Picture
Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas SMP Negeri
2 Bua”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Nur Rahmah dan Dwi Risky Arifanti.
Skripsi ini membahas tentang keefektifan model picture and picture
terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII. Masalah utama dalam
penelitian ini adalah; 1) Bagaimana tingkat pemahaman konsep matematika siswa
kelas VII yang menggunakan picture and picture. 2) Bagaimana tingkat
pemahaman konsep matematika siswa kelas VII yang tidak menggunakan model
picture and picture. 3) Apakah Pembelajaran Picture and Picture efektif untuk
memahami konsep matematika pada siswa.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk penelitian eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari lima
(5) kelas dengan jumlah siswa sebanyak 159 siswa. Pengambilan sampel dipilih
secara cluster random sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas Eksperimen
VII B dengan jumlah 32 siswa dan kelas kontrol VII C dengan jumlah 32 siswa.
Data diperoleh melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)
Pemahaman konsep matematika siswa di kelas yang diajar dengan menggunakan
model picture and picture memiliki perolehan data dengan nilai rata-rata 76
dengan kategori baik. 2) Pemahaman konsep matematika siswa pada kelas yang
diajar tidak menggunakan model picture and picture memiliki perolehan data
dengan nilai rata-rata 56,19 dengan kategori cukup. 3) Pengujian hipotesis
menggunakan uji-t dengan taraf signifikan (α) = 5%, yang menunjukkan
bahwa berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, maka H0 ditolak dan H1
diterima. Rata-rata pemahaman konsep matematika pada siswa kelas eksperimen
lebih efektif daripada rata-rata pemahaman konsep matematika pada siswa kelas
kontrol.
Kata kunci: Picture and picture, Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 07 Mar 2023 06:42
Last Modified: 07 Mar 2023 06:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5701

Actions (login required)

View Item View Item