PENGARUH MANAJEMEN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Palopo)

TUNHASANAH, HUSWA (2021) PENGARUH MANAJEMEN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Palopo). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HUSWA TUNHASANAH.pdf] Text
HUSWA TUNHASANAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Huswa Tunhasanah, 2021 “Pengaruh Manajemen Media Pembelajaran
Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi
Kasus Siswa Kelas VIII SMP 12 Palopo”. Skripsi
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh
Alimuddin dan Nasaruddin.
Skirpsi ini membahas tentang Pengaruh Manajemen Media Pembelajaran terhadap
Hasil Belajar Peserta Didik di SMP Negeri 12 Palopo. Penelitian ini bertujuan;
untuk mengetahui manajemen media pembelajaran di SMPN 12 Palopo; untuk
mengetahui hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 12 Palopo; untuk
mengetahui pengaruh yang signifikan manajemen media pembelajaran terhadap
hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 12 Palopo. Jenis penelitian ini adalah
kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasinya adalah siswa SMP Negeri 12
Palopo kelas VIII yang terdiri dari 69 siswa. Pengambilan sampel menggunakan
purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 23 siswa. Data diperoleh
melalui kuesioner/angket. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis dengan
menggunakan Regresi Sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa :
Manajemen media pembelajaran di SMP Negeri 12 Palopo berada pada kategori
rendah dengan diperoleh persentase 48%; Hasil belajar peserta didik di SMP
Negeri 12 Palopo yaitu termasuk dalam kategori baik dengan jumlah frekuensi 12
dengan persentase 52% dan skor nilai rata-rata yaitu sebesar 84; Manajemen
media pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik di SMP Negeri 12 Palopo
berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar yaitu 0,637 atau 63,7%.
Implikasi dari penelitian ini, sebaiknya penggunaan manajemen media
pembelajaran di sekolah diterapkan secara maksimal sehingga memudahkan siswa
dalam belajar dan sebaiknya para guru meningkatkan keterampilan dalam
mengajar sehingga mampu menunjang kemampuan siswa.
Kata Kunci: Manajemen Media Pembelajaran, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 07 Mar 2023 06:58
Last Modified: 07 Mar 2023 06:58
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5705

Actions (login required)

View Item View Item