METODE KHURUJ JAMA’AH TABLIGH SEBAGAI PENDIDIKAN TERAPAN TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI KELURAHAN PONJALAE KOTA PALOPO

SUSANTO, SUSANTO (2022) METODE KHURUJ JAMA’AH TABLIGH SEBAGAI PENDIDIKAN TERAPAN TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI KELURAHAN PONJALAE KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SUSANTO.pdf] Text
SUSANTO.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Susanto,2021, “METODE KHURUJ JAMA‟AH TABLIGH SEBAGAI PENDIDIKAN
TERAPAN TERHADAP KENAKALAN REMAJA DI KELURAHAN PONJALAE
KOTA PALOPO” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiah dan Ilmu Keguruan Intitut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing Abdul Pirol dan Taqwa
Pokok masalah dalam penelitian ini adalah metode Khuruj Jama‟ah Tabligh
sebagai Pendidikan Terapan Terhadap Kenakalan Remaja di Kelurahan Ponjalae
Kota Palopo dengan beberapa submasalah, yaitu: 1 Bagaimana proses pendekatan
Jama‟ah Tabligh terhadap kenakalan remaja di lingkungan Kelurahan Ponjalae Kota
Palopo? 2 Bagaimana implementasi metode khuruj Jama‟ah Tabligh untuk
mengaplikasikan pendidikan terapan terhadap remaja di lingkungan Kelurahan
Ponjalae Kota Palopo? 3 Bagaimana perubahan yang ditimbulkan sebagai akibat
pendidikan terapan terhadap kenakalan remaja di lingkungan Kelurahan Ponjalae
Kota Palopo? tujuan penelitian yaitu: Untuk mengetahui proses pedekatan Jama‟ah
Tabligh terhadap kenakalan remaja di lingkungan Kelurahan Ponjalae Kota Palopo.
Untuk mengetahui implementasi metode khuruj Jama‟ah Tabligh dalam
mengaplikasikan pendidikan terapan terhadap remaja di lingkungan Kelurahan
Ponjalae Kota Palopo. Untuk mengetahui perubahan yang ditimbulkan sebagai
akibat pendidikan terapan terhadap kenakalan remaja di lingkungan Kelurahan
Ponjalae Kota Palopo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif
kualitatif. Bentuk materi pendidikan pada remaja yang di terapkan oleh Jama‟ah
Tabligh di Kelurahan Ponjalae merupakan bentuk materi yang mengenai tentang
mngenalkan kembali kepada remaja tentang Al-Qur‟an dan Al-Hadits yang terbagi
menjadi tiga yaitu, masalah akidah, masalah syariah dan masalah akhlak dengan
bentuk komunikasi interaktif dengan para remaja maupun pemuda untuk senantiasa
mengingatkan kembali kepada Allah, berawal dari dialog dan dapat menjadikan
budaya, hal ini menjadikan keunggulan para jama‟ah tabligh untuk memberikan
materinya dengan cara berdialog dan tidak membosankan sehingga dapat
mengembalikan remaja kejalan yang benar untuk menunaikan syariat Islam.
Kata Kunci : Metode Khuruj, Jama‟ah Tabligh, Pendidikan Terapan, Kenakalan
Remaja.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:42
Last Modified: 07 Mar 2023 07:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5709

Actions (login required)

View Item View Item