BACA TULIS AL-QURAN: METODE DAN PENERAPANNYA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LAPAS) KELAS IIA KOTA PALOPO

AGUSTINA, WIWIE (2019) BACA TULIS AL-QURAN: METODE DAN PENERAPANNYA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LAPAS) KELAS IIA KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of WIWIE AGUSTINA.pdf] Text
WIWIE AGUSTINA.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Wiwie Agustina, 2019 “Baca Tulis Al-Quran: Metode dan Penerapannya di
Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) kelas IIA kota Palopo“. Skripsi
Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan
Dakwah Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (1) Drs.
Syahruddin, M.H.I. Pembimbing (2) H. Rukman AR Said, L.c.,M.Th.I.
Kata Kunci : Baca Tulis Al-Quran, Metode, Penerapan, Warga Binaan
Permasalahan pokok pada penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran
Baca Tulis Al-Quran bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas
IIA kota Palopo dan metode apa saja yang digunakan untuk memperlajari Baca
Tulis Al-quran itu sendiri. Adapun sub pokok pembahasan masalah yaitu: 1.
Bagaimana metode baca tulis al-Quran bagi warga binaan Lembaga
Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA kota Palopo? 2. Bagaimana penerapan metode
baca tulis al-Quran bagi warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA
kota Palopo?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui sejauh mana metode
baca tulis al-Quran bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas
IIA kota Palopo. 2. Untuk mengetahui sejauh mana penerapan terhadap metode
baca tulis al-Quran bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas
IIA kota Palopo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif lapangan dengan maksud
menghasilkan sebuah kajian teori atau pembahasan yang komperhensif. Adapun
pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan sosiologi komunikasi. Dalam
penyajiannya peneliti menggunakan metode deskripsi kualitatif.
Hasil penelitian skripsi: 1) Adapun metode yang digunakan dalam
pembinaan baca tulis al-Quran di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) kelas IIA
kota Palopo yakni antara lain metode Iqro’ dan metode Qi’roati. 2) Dalam
menerapkan metode-metode yang ada Pembina mengelompokkan warga
binaan/narapidana ketika pembelajaran baca tulis al-Quran, sehingga pembinaan
bisa tersalurkan dan pemahaman untuk mengetahui metode tersebut bisa lebih baik.
Implikasi penelitian:1) Diharapkan setiap pembinaan bagi warga
binaan/narapidana semakin meningkatkan kualitas pembinaan dan memperbaharui
setiap metode-metode pengajaran baca tulis al-Quran agar dalam memasyarakatkan
warga binaan/narapidana bisa lebih terarah jalan hidupnya ketika sudah berada di
luar lembaga pemasyarakatan.2) Dalam menerapkan progman pembelajaran baca
tulis al-Quran sangatlah tidak mudah karena setiap kondisi dan situasi warga
binaan/narapidana sangatlah berbeda di mulai perbedaan status sosial, pekerjaan
dan lain-lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:06
Last Modified: 08 Mar 2023 02:06
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5719

Actions (login required)

View Item View Item