PENGARUH KEMAMPUAN GURU BERKOMUNIKASI DENGAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH KELAS VIII DI MTS DARUL ULUM ROUTA KECAMATAN ROUTA KABUPATEN KONAWE SULAWESI TENGGARA

SUKIRMAN, NUR ARIFAH (2020) PENGARUH KEMAMPUAN GURU BERKOMUNIKASI DENGAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH KELAS VIII DI MTS DARUL ULUM ROUTA KECAMATAN ROUTA KABUPATEN KONAWE SULAWESI TENGGARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NUR ARIFAH SUKIRMAN.pdf] Text
NUR ARIFAH SUKIRMAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Arifah Sukirman, 2019. “Pengaruh Kemampuan Guru Berkomunikasi
dengan Siswa Terhadap Hasil Belajar Fikih Kelas VIII di MTs Darul Ulum
Routa Kecamatan Routa Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. dibimbing oleh Dra. Hj.
Nursyamsi, M.Pd.I dan Lisa Aditya Dwiwansyah Musa, M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Kemampuan Guru Berkomunikasi dengan
Siswa Terhadap Hasil Belajar Fikih Kelas VIII di MTs Darul Ulum Routa
Kecamatan Routa Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara. Penelitian ini bertujuan:
untuk mengetahui gambaran kemampuan berkomunikasi guru fikih Kelas VIII di
MTs Darul Ulum Routa Kecamatan Routa Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara,
persepsi siswa terhadap hasil belajar fikih Kelas VIII di MTs Darul Ulum Routa
Kecamatan Routa Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara dan pengaruh guru
berkomunikasi dengan siswa terhadap hasil belajar fikih Kelas VIII di MTs Darul
Ulum Routa Kecamatan Routa Kabupaten Konawe Sulawesi Tenggara. Jenis
penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun jumlah populasi dalam
penelitian ini adalah 110 siswa dengan pengambilan menggunakan Probability
sampling dengan menggunakan teknik simple random sampling ditetapkan 52
responden. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi.
Sedangkan teknik analisis statistik menggunakan pengelolaan data hasil yaitu
analisis statistik diskriptif dan analisis statistik inferensial Berdasarkan hasil regresi
sederhana diperoleh model regresi Y= 62,599 + 0,293X. dari hasil uji deskriptif
persentase kemampuan guru berkomunikasi dengan siswa masuk dalam kategori
tinggi dengan frekuensi sebesar 47 orang dan persentase 90% dengan skor rata-rata
adalah 77,9808. Sedangkan hasil belajar fikih bagi siswa termasuk dalam kategori
baik dengan frekuensi 34 orang dan persentase 65% dengan skor rata-rata adalah
85,4808. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas
VIII pada pembelajaran fiqih dalam memahami serta mempraktikkan tentang tata
cara sujud syukur dan tilawah, berzikir dan berdoa setelah sholat, tata cara puasa
dan zakat fitrah serta menginfaqkan harta diluar zakat, tidak ada pengaruh terhadap
kemampuan guru berkomunikasi dengan siswa, Namun tetap didukung oleh
koefisisen R2 (R Square) oleh determinasi sebesar 6,2. Hal ini berarti ada pengaruh
kemampuan guru berkomunikasi dengan siswa (X) terhadap hasil belajar fikih (Y)
sebesar 6,2% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain dianataranya, faktor
internal (yang berasal dari dalam diri siswa) dan faktor eksternal (yang berasal dari
luar diri siswa).
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi Guru, dan Hasil Belajar Fiqih

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 09 Mar 2023 01:44
Last Modified: 09 Mar 2023 01:44
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5726

Actions (login required)

View Item View Item