IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN 41 BONEPOSI KECAMATAN LATIMOJONG KABUPATEN LUWU

NURHASIDA, NURHASIDA (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN 41 BONEPOSI KECAMATAN LATIMOJONG KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURHASIDA.pdf] Text
NURHASIDA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurhasida, 2022. “Implementasi Manajemen Pedidikan Dalam Mengembangkan
Karakter Peserta Didik SD Negeri 41 Boneposi”. Skripsi Program Studi
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Muhaemin dan Firman Patawari.
Skripsi ini membahas tentang implementasi manajemen pendidikan dalam
mengembangkan karakter peserta didik di SD Negeri 41 Boneposi. Penelitian ini
bertujuan: Untuk mengetahui perencanaan pengembangan karakter yang ada di
sekolah SD Negeri 41 Boneposi Kecamatan Latimojong; Untuk mengetahui
pembelajaran Nilai-Nilai Karakter peserta didik di SD Negeri 41 Boneposi
Kecamatan Latimojong; Untuk mengetahui evaluasi dalam pengembangkan
manajemen pendidikan karakter di SD Negeri 41 Boneposi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) yaitu
penulis melakukan penelitian langsung ke lokasi untuk mendapatkan dan
mengumpulkan data. Penelitian yang dilaksanakan di lapangan adalah meneliti
masalah yang sifatnya kualitatif Selain itu, untuk menjawab permasalahan
tersebut peneliti menggunakan beberapa pendekatan yaitu; Pendekatan deskriktif.
Sumber data dalam tesis ini ada dua yaitu: data primer dan data sekunder. Adapun
sumber data tersebut adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Islam, peseta didik.
Selanjutnya, metode pengumpulan data adalah obsevasi, wawancara,
dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjjukkan bahwa: Pertama, perencanaan
manajemen pendidikan dalam mengembangkan karakter peserta didik kepada
kepala sekolah menjalankan fungsinya sebagai manajer untuk mengatur,
mengelola, memadukan, memberdayakan, dan mengembangkan sumber-sumber
belajar yang dimiliki. Kedua, Guru tidak sekedar mendidik dan memberikan
materi akademik saja di sekolah namun lebih dari itu guru diharapkan juga dapat
menanamkan nilai-nilai yang positif pada siswa karena guru merupakan role
model bagi para muridnya. Ketiga, Penilaian karakter tidak berbentuk nilai akan
tetapi berbentuk pengawasan observasi yang dilakukan guru setiap hari. Hasil
laporan atau catatan perkembangan peserta didik sebagai wujud evaluasi terhadap
pendidikan karakter.
Kata Kunci : Implementasi, Manajemen Pendidikan, Karakter Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 10 Mar 2023 00:44
Last Modified: 10 Mar 2023 00:44
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5731

Actions (login required)

View Item View Item