STRATEGI GURU DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO

SA'ADAH, FIKA (2023) STRATEGI GURU DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI FIKA SA'ADAH pdf.pdf] Text
SKRIPSI FIKA SA'ADAH pdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya memiliki kemampuan baca
al-Qur’an, namun nyatanya ada masalah yang dialami peserta didik yaitu masih
ada peserta didik kurang baik dalam membaca al-Qur’an, sehingga peneliti
membahas tentang strategi guru dalam peningkatan kemampuan membaca al-
Qur’an peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui
bagaimana kemampuan membaca al-Quran peserta didik, untuk mengetahui
strategi guru dalam peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik
dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam peningkatan
kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan paedagogis, pendekatan
psikologis dan pendekatan sosiologis dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif
yaitu penelitian yang prosedur penelitiannya menghasilkan data deskriptif berupa
kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Sumber
data yaitu: data primer dan data sekunder. Instrumen penelitian yang digunakan
dalam pengumpulan data yakni: wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis
data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan pengambilan
kesinpulan.
Hasil penelitian ini ditemukan kemampuan membaca peserta didik
berbeda-beda ada yang lancar membaca al-Qur’an, ada yang lancar tapi belum
bagus hukum bacaan dan makhraj hurufnya. Strategi yang dilakukan guru yaitu
mendatangkan guru khusus yang ahli dalam bidang mengajar membaca al-Qur’an
untuk melihat kemampuan membaca al-Qur’an peserta didik, melakukan strategi
pendekatan kepada peserta didik, menerapkan beberapa metode yang tepat
digunakan dalam pembelajaran, pembiasaan tadarus Qur’an sebelum pelajaran
dimulai dan memberi tugas hafalan ayat-ayat pendek dan hadis penting. Faktor
pendukung, peserta didik selalu membawa al-Qur’an dan adanya kerjasama antar
guru walaupun bukan guru mata pelajaran agama. Faktor penghabat, kurangnya
minat baca peserta didik, kurangnya motivasi untuk belajar kembali dan kurang
fokusnya peserta didik untuk belajar di jam pelajaran terakhir.
Saran penulis khusus guru yang mengajarkan membaca al-Qur’an harus
sabar dan telaten dalam menghadapi peserta didik yang berbeda-beda kemampuan
yang dimiliki.Saran penulis khusus peserta didik harus lebih rajin dan
bersemangat dalam belajar membaca al-Qur’an, memanfaatkan setiap waktu luang
untuk bisa belajar membaca al-Qur’an dengan mengikuti les privat.
Kata kunci: Strategi, Peningkatan, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Fika Sa’adah, 2023.“Strategi Guru Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca
Al-Qur’an Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)
Palopo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Palopo”. Dibimbing oleh: Dr. Mardi Takwim,
M.HI. dan Dr. Hj. Fauziah Zainuddin, M.Ag.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 13 Mar 2023 00:30
Last Modified: 13 Mar 2023 00:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5739

Actions (login required)

View Item View Item