EFEKTIVITAS TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DI IAIN PALOPO

MAISARAH BASIRA, MAISARAH (2022) EFEKTIVITAS TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DI IAIN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MAISARAH BASIRAH.pdf] Text
MAISARAH BASIRAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Maisarah Basira, 2022. “Efektivitas Teknik Reinforcement Positif untuk
Meningkatkan Efikasi Diri Dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa
Bimbingan dan Konseling Islam di IAIN Palopo”.Skripsi Program Studi
Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan
Dakwah Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh.
Syahruddin dan Amrul Aysar Ahsan.
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Teknik Reinforcement Positif untuk
Meningkatkan Efikasi Diri dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Bimbingan
dan Konseling Islam di IAIN Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui
seberapa efektif teknik reinforcement positif untuk meningkatkan efikasi diri
dalam menyusun skripsi pada mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam di
IAIN Palopo. Metode penelitian ini menggunakan Kuantitatif dengan jenis
penelitian pre-experiment dengan desain penelitian one groub pretest-posttest.
Populasi dalam penelitian ini Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam di
IAIN Palopo angkatan 2018 yang berjumlah 60 mahasiswa. Adapun sampel
dalam penelitian ini sebanyak 9 mahasiswa yang dipilih secara purposive
sampling. Data diperoleh melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik
analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji-t
menggunakan Paired Sample t Test. Hasil penelitian ini menunjukkan teknik
reinforcement positif signifikan untuk meningkatkan efikasi diri mahasiswa. Hal
ini berdasarkan dari hasil uji-t menggunakan Paired Sample t Test yang
menghasilkan nilai thitung 21,389 mean 16,889. Kemudian thitung dibandingkan
dengan ttabel dengan ketentuan thitung > ttabel (21,389 > 2.306), dengan demikian
tingkat efikasi diri mahasiswa mengalami perubahan setelah diberikan perlakuan
berupa teknik reinforcement positif. Adapun kenaikan persentase teknik
reinforcemen positif dari pretest ke posttest yaitu sebesar 54%. Sedangkan
sisanya efikasi diri dapat ditingkatkan dengan cara lain.
Kata kunci: Teknik Reinforcement Positif, Efikasi Diri, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 Mar 2023 01:35
Last Modified: 15 Mar 2023 01:35
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5750

Actions (login required)

View Item View Item