STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI KANTOR CABANG PALOPO)

M WAIS, M WAIS (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK BANK SYARIAH INDONESIA (STUDI KANTOR CABANG PALOPO). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI M. WAIS.PDF] Text
SKRIPSI M. WAIS.PDF

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
M. Wais, 2022. “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah
Produk Bank Syariah Indonesia (Studi Kantor Cabang
Palopo)”. Skripsi Program studi Perbankan Syariah, Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam dibawah Bimbingan Ilham.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Jumlah
Nasabah Produk Bank Syariah Indonesia (Studi Kantor Cabang Palopo).
Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui strategi pemasaran produk yang
diterapkan pada Bank Syariah Indonesia Cabang palopo dalam meningkatkan
jumlah nasabah produk tabungan; Untuk mengetahui kendala yang dihadapiBank
Syariah Indonesia Cabang palopo dalam memaksimalkan jumlah nasabah prodik
tabungan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Jumlah
informan seanyak 2 orang yaitu 1 orang Manajer Pemasaran Bank Syariah
Indonesia Cabang palopo dan 1 orang Mikro Staf Bank Syariah Indonesia Cabang
palopo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara
dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa BSI KCP Palopo telah melaksanakan Strategi
marketing dalam meningkatkan pembiayaan usaha mikro dengan menggunakan
bauran pemasaran yang meliputi place, product, price, promotion. Namun bauran
pemasaran pada promotion tedapat promosi yang dianggap agak kurang efektif
seperti promosi lewat pengiklanan dengan melalui media elektronik seperti
facebook, Twitter, website dan instagram. Karena dari sekian promosi yang
dilakukan BSI KCP Palopodalam meningkatkan jumlah nasabah hanya beberapa
promosi yang di anggap efektif, seperti sistem jemput bola, canvasing atau door
to door dan open table. Adapun kendala dalam memasarkan produk-produk BSI
KC Palopo yaitu pertama, karena pandemic COVID-19 yang sempat terhenti
mengakibatkan kegiatan promosi secara langsung sempat terhenti digantikan
dengan promosi online. Salah satu solusi yang digunakan saat tersebut yaitu
dengan pemasaran online melalui sosial media dan melalui media massa; kedua,
karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang bank syariah serta perbedaan
juga sistem yang diterapkan bank syariah, solusi yang dilakukan pihak BSI adalah
melakukan sosialisasi langsung maupun tidak langsung mengenai sistem syariah
yang digunakan pihak BSI dengan tetap memberikan rasa nyaman dan
menumbuhkan rasa percaya masyarakat akan bank syariah
Kata Kunci : Strategi, Pemasaran; Produk BSI

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 17 Mar 2023 01:42
Last Modified: 17 Mar 2023 01:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5758

Actions (login required)

View Item View Item