IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI(MIN) 03 LUWU KABUPATEN LUWU

RAHMA SARITA, RAHMA (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI(MIN) 03 LUWU KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of RAHMA SARITA.pdf] Text
RAHMA SARITA.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahma Sarita, 2022. “Implementasi Manajemen Kelas Pembelajaran Tatap
Muka Terbatas di MIN 03 Luwu Kabupaten Luwu”.
Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas TarbiyahdanIlmuKeguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Nurdin K. Dan
Hisbullah.
Skripsi ini membahas tentang implementasi manajemen kelas
pembelajaran tatap muka terbatas di MIN 03 Luwu Kabupaten Luwu. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen kelas pembelajaran tatap
muka terbatas di MIN 03 Luwu dan faktor pendukung dan penghambat
pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di MIN 03 Luwu.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif.
Sumber data penelitian diperoleh dari data primerdansekunder dengan teknik
pengumpulan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
ananlisis data yang digunakan adalah kondensasi, penyajian data dan verifikasi
dan konklusi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan manajemen kelas
pembelajaran tatap muka terbatas di MIN 03 Luwu menerapkan empat fungsi
manajemen yaitu a) perencanaan dengan mengadakan rapat koordinasi yang
membahas strategi penerapan pembelajaran tatap muka terbatas di MIN 03 Luwu,
b) pengorganisasian dengan melakukan pembagian tugas berdasarkan Surat
Keputusan Kepala MIN 03 Luwu, c) pelaksanaan pembelajaran yang dimana
jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran dikurangi dan waktu kelas dipercepat
pada setiap pertemuan, serta dengan menerpakan protokol kesehatan dan d)
pengawasan atau evaluasi yang dilakukan oleh Kepala Madrasah dengan
melakukan penilaian terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru.
Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di MIN 03
Luwu adalah semangat siswa, motivasi dari tenaga pendidik dan sarana prasarana
yang ada. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran tatap muka terbatas di
MIN 03 Luwu adalah adaptasi dan terbatasnya waktu pembelajaran.
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 20 Mar 2023 00:10
Last Modified: 20 Mar 2023 00:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5759

Actions (login required)

View Item View Item