PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BELOPA

SRI EVAYANTI, SRI (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BELOPA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SRI EVAYANTI.pdf] Text
SRI EVAYANTI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Sri Evayanti, 2023. “Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematika Melalui
Pembelajaran Matematika Realistik di Kelas VIII SMP Negeri 2 Belopa”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing Oleh
Alia Lestari dan Nilam Permatasari Munir.
Kemampuan koneksi matematis merupakan bagian penting yang harus
dikuasai oleh siswa di setiap jenjang pendidikan. Dengan melakukan koneksi
matematis, konsep-konsep matematika yang telah dipelajari tidak ditinggalkan
begitu saja sebagai bagian yang terpisah, tetapi digunakan sebagai pengetahuan
dasar untuk memahami konsep yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kemampuan koneksi matematika dapat ditingkatkan melalui
pembelajaran matematika realistik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Model PTK yang
digunakan yaitu model Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Belopa semester ganjil tahun pelajaran
2022/2023 dengan jumlah siswa 23 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua
siklus, masing-masing siklus dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. Instrumen
penelitian yang digunakan ada dua yaitu lembar tes kemampuan koneksi
matematika dan lembar observasi aktivitas siswa dan guru. Adapun teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes, observasi dan dokumentasi.
Data yang digunakan dalam penelitian ini dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil observasi dianalisis secara kualitatif sedangkan untuk analisis kuantitatif
digunakan analisis deskriptif yang terdiri dari rataan hitung (mean), nilai
maksimum dan nilai minimum yang diperoleh siswa pada setiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa setelah diterapkan
pembelajaran matematika realistik pada siklus I kemampuan koneksi matematika
berada pada kategori sangat kurang yakni 30%, sedangkan pada siklus II
kemampuan koneksi matematika siswa berada pada kategori sangat baik yakni
91%. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 59% dengan kategori
cukup, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88% dengan kategori sangat
baik. Hasil observasi pengamatan pengelolaan pembelajaran pada siklus I yakni
75% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 85% dengan
kategori sangat baik. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan
koneksi matematika melalui pembelajaran matematika realistik di kelas VIII SMP
Negeri 2 Belopa dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Kemampuan Koneksi Matematika, Pembelajaran Matematika
Realistik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 21 Mar 2023 02:59
Last Modified: 21 Mar 2023 02:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5761

Actions (login required)

View Item View Item