KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH AL-ZAKIYAH MALELA

SAMSUL, AHSAN (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH AL-ZAKIYAH MALELA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of AHSAN SAMSUL.pdf] Text
AHSAN SAMSUL.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
AhsanSamsul, 2023. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan
Disiplin Kerja Guru di Madrasah Aliyah Al-Zakiyah Malela”.
Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Hasbi dan Firman Patawari.
Skripsi ini membahas tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Disiplin Kerja Guru di Madrasah Aliyah Al-Zakiyah Malela.
penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui disiplin kerja guru di Madrasah Aliyah
Al-Zakiyah Malela; Untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam
meningkatkan disiplin kerja guru di Madrasah Aliyah Al-Zakiyah Malela; Untuk
mengetahui hambatan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru di
Madrasah Aliyah Al-Zakiyah malela.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deskriptif yang dilaksanakan di Madrasah Aliyah Al-Zakiyah Malela pada bulan
januari 2023. Sumber data diambil dari hasil wawancara dengan kepala sekolah,
wakil kepala sekolah dan guru. Instrumen penelitian yang digunakan berupa
pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara dan dokumenasi. Pemeriksaan keabsahan data yang
digunakan yaitu tringulasi sumber, tringulasi teknik, dan tringulasi waktu. Teknik
analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa disiplin kerja guru telah
dilaksanakan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator disiplin kerja guru
yang meliputi kehadiran, ketaatan pada peraturan kerja, ketaatan pada standar
kerja, dan tingkat kewaspadaan tinggi. Kepemimpinan kepala sekolah dalam
meningkatkan disiplin kerja guru dilakukan secara bertahap dan melalui
pembiasaan-pembiasaan yang mencerminkan kedisiplinan, tahapan tersebut
meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun yang menjadi hambatan
kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru yaitu sarana dan prasarana
yang masih kurang memadai dan guru yang belum terbiasa menghargai waktu.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Disiplin

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 04 Apr 2023 01:57
Last Modified: 04 Apr 2023 01:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5779

Actions (login required)

View Item View Item