PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KEMEROSOTAN MORALITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN NURUL JUNAIDIYAH LAUWO

TAMPING, RIDWAN (2022) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI KEMEROSOTAN MORALITAS PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN NURUL JUNAIDIYAH LAUWO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Ridwan skripsi revisi 11.pdf] Text
Ridwan skripsi revisi 11.pdf

Download (1MB)

Abstract

xxi
ABSTRAK
Ridwan Tamping, 2021. “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam
Mengatasi Kemerosotan Moralitias Peserta Didik di
Madrasah Aliyah Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo”.
Dibimbing oleh Dr.Hasbi,M.Ag., dan Makmur S. Pd.I,
M.Pd.I
Pokok bahasan skripsi ini adalah bagaimana Peranan Guru Pendidikan
Agama Islam Dalam Mengatasi Kemerosotan Moralitas Peserta Didik di Madrasah
Aliyah Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo, adapun tujuan dari penelitian ini
adalah untuk:1). Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menyebabkan terjadinya
kemerosotan moralitas peserta didik di Madrasah Aliyah Pesantren Nurul
Junaidiyah Lauwo. 2). Untuk Mengetahui bagaimana upaya guru pendidikan agama
islam dalam mengatasi kemerosotan moralitas peserta didik di Madrasah Aliyah
Pesantren Nurul Junaidiyah Lauwo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu penelitian
yang menggambarkan fakta atau gejala dengan cara mengumpulkan informasi
dengan diuraikan dalam bentuk kata-kata atau narasi. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Faktor yang menyebabkan
terjadinya kemerosotan moralitas peserta didik disebabkan dua faktor yaitu, Faktor
internal yang merupakan pengaruh dari dalam diri peserta didik seperti kurangnya
pengetahuan tentang ilmu agama, kurangnya kesadaran dari dalam diri sehingga
membuat peserta didik bebas melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan aturan
yang berlaku di sekolah Faktor eksternal yang merupakan pengaruh dari luar diri
peserta didik seperti kebebasan bergaul dengan teman-teman yang putus sekolah,
tuntunan dalam keluarga mengharuskan peserta didik mencari uang sendiri,
kesibukan orang tua di luar rumah sehingga kurangnya perhatian dan kasih sayang
terhadap anak. 2) Upaya yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam dalam
mengatasi kemerosotan moralitas peserta didik yaitu: Melakukan pembinan
moralitas dengan cara menanmkan nilai- nilai islam pada pserta didik,
memperketat tata tertib, memberi sanksi bagi siswa yang melanggar tata tertib,
membina hubungan yang baik dengan orang tua peserta didik.Implikasi dalam
penelitian ini yaitu hendaknya para guru agar lebih meningkatkan pembinan moral
bagi para peserta didik agar tidak mudah terpengaruh dengan hal-hal yang dapat
merusak moralitas dan tidak mengalami kemerosotan moralitas, seperti yang marak
terjadi sekarang ini.

Kata kunci: Peranan Guru, Pendidikan Agama Islam, Kemerosotan Moralitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 11 Apr 2023 01:53
Last Modified: 11 Apr 2023 01:53
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5799

Actions (login required)

View Item View Item