IMPLEMENTASI SUPERVISI DALAM PENGEMBANGAN PERILAKU KERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 SABBANG

GALA, SRI ANANDA RAPU (2023) IMPLEMENTASI SUPERVISI DALAM PENGEMBANGAN PERILAKU KERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 SABBANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SRI WAHYUNI ANGGARESKI.pdf] Text
SRI WAHYUNI ANGGARESKI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Sri Ananda Rapu Gala, 2023. “Implementasi Supervisi Dalam Pengembangan
Perilaku Kerja Guru di SMP Negeri 4 Sabbang”. Skripsi
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institusi Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Hj. Nursaeni dan H. M. Arief R.
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Supervisi Dalam Pengembangan
Perilaku Kerja Guru di SMP Negeri 4 Sabbang. Penelitan ini bertujuan untuk
mengetahui 1) bagaimana pelaksanaan supervisi di SMP Negeri 4 Sabbang 2)
bagaimana pengembangan perilaku kerja guru di SMP Negeri 4 Sabbang 3) Bagaimana
dampak implementasi supervisi dalam pengembangan perilaku kerja guru di SMP
Negeri 4 Sabbang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, Wakasek, dan Guru.
Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Implementasi/Pelaksanaan supervisi di SMP
Negeri 4 Sabbang Telah dilakukan dengan cukup baik dan maksimal melalui tahapan
pelaksanaan supervisi yaitu; a) perencanaan, yaitu merumuskan tujuan dan menetapkan
jadwal supervisi. b) pelaksanaan, yaitu kegiatan supervisi dalam mengoptimalkan
pengajaran serta mengarahkan para guru dalam melaksankan tugas dan kewajibanya. c)
evaluasi dan tindak lanjut, yaitu penyesuaian program agar tetap pada tujuan yang telah
dirancang sebelumnya. (2) Pengembangan perilaku kerja guru yang ada di SMP Negeri
4 Sabbang telah terlaksana dengan baik dan maksimal baik dari segi mendidik, memberi
arahan dan memotivasi siswa telah dilkasanakan sebagaimana mestinya, dan upaya
seorang guru dalam menigkatkan prestasi belajar siswa juga telah dilaksanakan dengan
cukup baik. (3) Dampak pelaksanaan supervisi dalam pengembangan perilaku kerja
guru ada dua, yaitu : dampak positif dan negatif yang dimana dampak positifnya
mampu meningkatkan mutu pendidikan dan kesadaran pendidik dalam melaksanakan
tugas dan kewajibanya, sedangkan dampak negatif yang ditimbulkan yaitu para
pendidik merasa terbebani dengan adanya supervisi dan juga para pendidik kadang
merasa tertekan karena kurangnya persiapan pada dirinya dalam menghadapi supervisi.
Kata Kunci: Implementasi Supervisi, Perilaku Kerja Guru, Dampak Supervisi

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:51
Last Modified: 12 Apr 2023 06:51
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5809

Actions (login required)

View Item View Item