PENGEMBANGAN MULTI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDN 18 BABANA CIMPU KABUPATEN LUWU

AINUNG, NUR (2022) PENGEMBANGAN MULTI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDN 18 BABANA CIMPU KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NUR AINUNG.pdf] Text
NUR AINUNG.pdf

Download (57MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Ainung, 2022. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Materi
Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Indonesia Pada Siswa
Kelas IV SDN 18 Babana Cimpu”. Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah
Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing Oleh Bapak Dr. Nurdin K, M.Pd Dan Ibu Rosdiana,
ST.,M.Kom.
Skripsi ini membahas sebuah penelitian pengembangan mengenai multimedia
pembelajaran materi keragaman suku bangsa dan budaya Indonesia yang
diorentasikan ke Sulawesi Selatan dan bentuk keragamannya, seperti rumah adat,
pakaian adat, makanan khas, tarian tradisional, dan bahasa daerah. Penelitian ini
dilaksanakan pada siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 18 Babana Cimpu.
Dalam mengembangkan produk peneliti menggunakan model ADDIE sebagai
acuan untuk pengembangan produk. Adapun tahapan ADDIE ini yaitu: tahap
Analysis, tahap Design, tahap Development, tahap Implementation, tahap
Evaluation. Namun penelitian ini memiliki keterbatasan yakni kondisi saat ini
terdampak Virus Covid-19 sehingga penelitian ini hanya sampai pada tahap
implementasi (Implementation). Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui
prosedur pengembangan multimedia materi kergaman suku bangsa dan budaya di
Sulawesi Selatan, dan (2) mengetahui validitas para ahli (expert judgment)
multimedia pembelajaran materi keragaman suku bangsa dan budaya Sulawesi
Selatan. Dalam pengembangan ini peneliti menggunakan sebuah lembar validasi
kemudian diberikan kepada tiga validator pakar ahli yaitu ahli media, ahli materi
dan ahli bahasa. Penilaian dari ahli media (81,81%) kategori sangat valid,
penilaian ahli materi (81,25%) kategori sangat valid, dan penilaian ahli bahasa
(83,3%) dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
multimedia pembelajaran materi keragaman suku bangsa dan budaya di Sulawesi
Selatan dengan kategori sangat valid dan layak untuk digunakan.
Kata kunci: media pembelajaran, keragaman suku bangsa di Sulawesi Selatan

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 14 Apr 2023 01:35
Last Modified: 14 Apr 2023 01:35
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5811

Actions (login required)

View Item View Item