PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK BERBASIS AYAT- AYAT AL-QU’RAN PADA SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA (MIS) 21 AL-MANAR LAMONE

RISMA, RISMA (2023) PENGEMBANGAN MODUL TEMATIK BERBASIS AYAT- AYAT AL-QU’RAN PADA SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA (MIS) 21 AL-MANAR LAMONE. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of Skripsi Risma 1702050064 PGMI (1).pdf] Text
Skripsi Risma 1702050064 PGMI (1).pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Risma, 2022. “Pengembangan Modul Tematik Berbasis Ayat-Ayat Al-Qu’ran
Pada Subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku di Kelas IV
Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) 21 Al-Manar Lamone”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh St, Marwiyah dan St, Zuhaerah Thalhah.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan modul tematik berbasis ayat-
ayat al-Qur’an pada subtema indahnya keragaman budaya negeriku di kelas IV
madrasah ibtidaiyah swasta (Mis). Bertujuan untuk mengetahui validitas dari hasil
pengembangan modul tematik berbasis ayat-ayat al-Qur’an pada subtema
indahnya keragaman budaya negeriku peserta didik kelas IV Madrasah Ibtidaiyah
Swasta (Mis). Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D).
untuk menghasilkan produk modul tematik berbasis ayat-ayat al-Qur’an, peneliti
menggunakan model ADDIE dengan tahapan yaitu: (1) tahap analisis (analyze),
(2) tahap perancangan (design), (3) tahap pengembangan (development), (4) tahap
implementasi ( implementation), (5) tahap evaluasi ( evaluation).
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Swasta (Mis) 21 Al-Manar
Lamone Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dan objeknya
adalah modul subtema indahnya keragaman budaya negeriku (tema indahnya
keragaman di negeriku). Data dalam penelitian dikumpulkan melalui angket dan
wawancara. Dari hasil analisis kebutuhan bahwa pendidik Madrasah Ibtidaiyah
Swasta (Mis) 21 Al-Manar Lamone belum menggunakan bahan ajar berupa modul
saat proses pembelajaran oleh karenanya peneliti mengembangkan dan
menghasilkan modul indahnya keragaman budaya negeriku berbasis ayat-ayat al-
Qur’an sebagai alat bantu dalam belajar.
Modul yang telah dibuat selanjutnya divalidasi oleh 4 validator ahli
diantaranya validator ahli agama, validator ahli desain, validator ahli materi, dan
validator ahli bahasa. Hasil validasi kemudian dianalisis untuk mengetahui
kevalidan produk dan diperoleh dari ahli agama valid, ahli desain cukup valid,
ahli materi valid, dan ahli bahasa cukup valid. Sehingga dari keseluruhan produk
yang dikembangkan valid dan layak digunakan.
Kata kunci : Pengembangan Modul, Berbasis ayat-ayat Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 14 Apr 2023 07:02
Last Modified: 14 Apr 2023 07:02
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5819

Actions (login required)

View Item View Item