PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH PALOPO

MUTMAINNAH, AINUN (2022) PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of AINUN MUTMAINNAH.pdf] Text
AINUN MUTMAINNAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Ainun Mutmainnah, 2022. “Pengelolaan Sarana dan Prasarana untuk
Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di
SMA Muhammadiyah Palopo” Skripsi Program
Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. H.
Alauddin, M.Ag. dan Lisa Aditya Dwiwansyah
Musa, S.Pd., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang Pengelolaan Sarana dan Prasarana untuk
Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di SMA Muhammadiyah Palopo.
Penelitian ini bertujuan : Untuk mengetahui pengelolaan sarana dan prasarana
untuk meningkatkan minat belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah Palopo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengeumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah,
wakil kepala sekolah sarana dan prasarana serta peserta didik di SMA
Muhammadiyah Palopo. Pemesiksaan keabsahaan data yang digunakan yaitu
triangulasi sumber data dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pengelolaan sarana dan prasarana
telah di kelola dengan baik dan pihak sekolah juga meyesuaikan sumber daya
manusia yang ada di SMA Muhammadiyah Palopo. 2) Faktor pendukung dalam
pengelolaan sarana dan prasarananya yaitu dana. Fasilitas sarana maupun prasarana
sepenuhnya dapat dipenuhi ketika anggaran yang ada cukup. Sarana dan prasarana
juga telah dibenahi sesuai dengan kesanggupan dana yang ada. 3) faktor
penghambat sarana dan prasarana untuk meningkatkan minat belajar peserta didik
juga faktor utamanya yaitu dana. Melengkapi fasilitas sarana dan prasarana juga
menggunakan uang atau anggaran yang ada. Pihak sekolah melengkapi fasilitas
sarana dan prasarana dapat dilihat dari apa saja yang sangat dibutuhkan sekali pada
saat proses pembelajaran dan lainnya. minat belajar peserta didik di sekolah ini
dapat di lihat dari beberapa peserta didik. Mereka sangat antusia dan bersemangat,
mereka juga sangat menyukai sikap dan sifat orang-orang yang ada di sekolah.
Peserta didik tetap dapat mengembangan minat dan bakat tersebut walaupun
dengan fasilitas sarana dan prasarana yang ada. Bagi mereka itu bukan suatu hal
yang membuat mereka tidak berkembang atau mengembangkan bakat, minat dan
mental mereka sesuai dengan mereka inginkan.
Kata kunci : Pengelolaan, Sarana dan Prasarana, Minat Belajar, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 14 Apr 2023 07:06
Last Modified: 14 Apr 2023 07:06
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5820

Actions (login required)

View Item View Item