URGENSI KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 PALOPO

ALFADILAH, SUCIYANTI (2022) URGENSI KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERAGAMA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SUCIYANTI ALFADILAH.pdf] Text
SUCIYANTI ALFADILAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Suciyanti Alfadilah, 2022 “Urgensi Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam
Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Peserta Didik Kelas VIII
di SMP Negeri 5 Palopo” Skripsi Program Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh: Dr. Hj. A. Riawarda, M.Ag dan Makmur,
S.Pd.I., M.Pd.I.
Skripsi ini membahas tentang Urgensi Kompetensi Guru Pendidikan
Agama Islam Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Peserta Didik Kelas
VIII di SMP Negeri 5 Palopo, penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui apa
saja kompetensi guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Palopo, 2) untuk
mengetahui bagaimana kesadaran beragama peserta didik kelas VIII di SMP
Negeri 5 Palopo, 3) untuk mengetahui bagaimana implementasi kompetensi guru
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kesadaran beragama peserta didik
kelas VIII di SMP Negeri 5 Palopo.
Jenis Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif
yang akan menggambarkan fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan, menggunkan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap
dari Teknik analisis yang digunkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Guru Pendidikan Agama
Islam di SMP Negeri 5 Palopo telah memiliki kompetensi, baik itu kompetensi
pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial semua indikator dalam
kompetensi tersebut telah dijalankan dengan baik yang sangat meunjang dalam
meningkatkan kesadaran beragama peserta didik, 2) Kesadaran beragama peserta
didik di sekolah Mengenai sifat amanah, serta ikhlas peserta didik kelas VIII di
SMP Negeri 5 Palopo telah cukup baik hanya saja perihal kejujuran dan ketaatan
pada diri peserta didik di sekolah masih kurang perlu untuk terus di beri perhatian
lebih, 3) Impelementasi kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam
dalam meningkatkan Kesadaran Beragama peserta didik kelas VIII di SMP Negeri
5 Palopo dilakukan dengan: pertama, guru mengajak siswa untuk melaksanakan
sholat jamaah di masjid pada waktu sholat dhuhur serta memantau peserta didik
melalui absen sholat dan ini diberikan amanah kepada OSIS untuk mengabsen
peserta didik yang sholat dan tidak dan melakukan kegiatan dzikir bersama
seminggu sekali tepatnya pada hari jum’at di masjid sekolah kedua, ketika guru
masuk ke dalam kelas ada kemudian faktor-faktor pembiasaan yang dilakukan
seperti berdoa sebelum memulai pembelajaran. Ketiga, guru memiliki jadwal
piket untuk menjemput peserta didik di depan gerbang sekolah setiap pagi yang
dilakukan dari Senin hingga sabtu dengan mengucapkan salam dan menerapkan
5S (senyum,salam,sapa, sopan dan santun). Keempat, guru mengelola materi
pendidikan agama Islam sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan guru
melakukan pembiasaan disiplin dengan masuk kedalam kelas secara tepat waktu
ketika proses belajar mengajar akan dimulai.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, Kesadaran Beragama, SMP Negeri 5 Palopo.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 26 Apr 2023 02:30
Last Modified: 26 Apr 2023 02:30
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5847

Actions (login required)

View Item View Item